Apresiasi Kampanye Kesehatan Ala Anak Muda

0
226

JAKARTA, NawacitaPost.com Fokus pemerintah dalam mencapai target pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia meliputi beragam aspek. Salah satunya yaitu aspek kesehatan yang diyakini sebagai tonggak awal lahirnya generasi masa depan unggul, cerdas, dan berdaya saing.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan bahwa terobosan pembangunan SDM, khususnya pada sektor kesehatan, dimulai sejak 1000 Hari Pertama Kehidupan dan usia dini.

Dalam program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), misalnya, Presiden Jokowi mulai periode awal kepemimpinan telah menginstruksikan adanya Bantuan Operasional PAUD (BOP) untuk membantu para guru PAUD agar bisa mendapatkan insentif lebih layak. Sedangkan, untuk pembangunan fisik sekolah PAUD diambilkan dari dana desa.

“Masa 1000 HPK dilanjutkan dengan masa usia dini itu sangat menentukan etape-etape perjalanan SDM kita. Mudah-mudahan langkah ini bisa mengejar SDM kita agar betul-betul memiliki kualifikasi tinggi, berdaya saing, dan tentu saja produkif,” tuturnya saat menjadi pembicara secara daring pada acara Festival Kesehatan ASTRA, Selasa (16/11).

Turut hadir pada pembukaan Festival tersebut, Menteri Kesehatan Budi G Sadikin, Direktur Astra Gitta Tiffani Boer, Grup Astra Saka Bakti Husada, Aorta, Avicenna, para remaja genre BKKBN, serta para kader dan mitra kesehatan.

Menko PMK menyebut, tantangan sebenarnya yang dihadapi Bangsa Indonesia saat ini adalah terkait lapangan kerja. Pasalnya, setelah masalah pendidikan dan kesehatan ditangani secara sistemik tentu diharapkan akan terbentuk SDM produktif yang betul-betul memiliki kualifikasi, keterampilan, kecakapan, serta keahlian.

“Apa artinya kita menyiapkan penduduk usia produktif yang memiliki kualitas bagus, sehat, memiliki kemampuan terampil, tapi ternyata tidak tersedia lapangan kerjanya,” ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

Ia mengungkapkan bahwa pemerintah mempunyai tanggung jawab menyiapkan setidaknya minimal 3,4 juta lapangan kerja pertahun. Hal itu lantaran jumlah lulusan perguruan tinggi yang angkanya mencapai 1,7 juta kemudian tamatan SMA/SMK/MA sekitar 3,8 juta dengan 1,9 juta terpaksa harus memasuki dunia kerja.

Belum lagi, kata Muhadjir, data Badan Pusat Statistik (BPS) juga menyebut jumlah pengangguran saat ini sebanyak 3,1 juta orang. Padahal, Indonesia sedianya harus memanfaatkan momentum untuk mengejar era bonus demografi yang ditaksir bakal mencapai puncaknya pada tahun 2035.

“Ini harus betul-betul kita persiapkan SDM yang sehat, berkualitas, dan juga lapangan pekerjaan yang memadai sehingga pada masa bonus demografi nanti penduduk usia produktif kita bisa benar-benar produktif dalam rangka menyongsong Indonesia Emas di 2045 dan era post-produktif di 2055,” tandasnya.

Apresiasi ASTRA

Pada kesempatan tersebut, Menko PMK juga mengapresiasi PT Astra Internasional, Tbk yang telah menyelenggarakan Festival Kesehatan ASTRA dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-57 dengan tema Sehat Negeri, Tumbuh Indonesiaku.

Festival itu diselenggarakan dengan tujuan untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat di semua lapisan masyarakat. Sebagaimana diketahui, kesehatan adalah investasi dan kunci menjalani aktivitas dan harus menjadi gaya hidup untuk seluruh masyarakat Indonesia.

“Saya menyambut baik diadakannya Festival Kesehatan Astra 2021. Apalagi temanya adalah Hidup Sehat Ala Anak Muda. Ini sangat bagus karena sosialisasi atau kampanye untuk hidup sehat itu bisa dimulai dari kaum muda,” katanya.

Festival Kesehatan Astra meliputi rangkaian kegiatan olahraga seperti healthy challenge kategori Endurance Sports Run/Walk 10K and Ride 30K. Selain itu ada juga kategori Most Calories Burned untuk olahraga yoga, pilates, body combat, tennis, dan lain-lain.

Sedangkan pada acara seremonial yang dihadiri oleh Menko PMK, Festival Kesehatan Astra 2021 juga dilakukan pemutaran video program kesehatan Astra tentang intervensi gizi prioritas. Terakhir ada pemberian penghargaan apresiasi kepada posyandu nasional Astra 2021. (FN).