panglima TNI Maresekal Hadi Tjahjanto /ist

Jakarta, NAWACITAPOST– Dikabarkan Presiden Jokowi akan melakukan perombakan atau reshuffle kabinet dalam waktu dekat, hal ini akan  menjadi perhatian publik siapa saja yang akan terkena reshuffle tersebut.

Untuk diketahui, Jabatan Panglima TNI Marsekal  Hadi Tjahjanto akan digantikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa, dengan begitu Marsekal Hadi Tjahjanto akan segera puirna tugas, karena itu isu yang beredar akan masuk kabinet.

Informasi yang beredar di media, Jokowi tengah mempertimbangkan beberapa pos yang berpotensi ditempati Hadi. Diantaranya Kepala Staf Kepresidenan yang saat ini dijabat oleh Jenderal (Purn) Moeldoko sejak 2018. Kemudian pos lainnya Menteri Koordinator  Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), yang dijabat oleh Mahfud MD, selanjutnya Menteri Perhubungan (Menhub) yang dijabat Budi Karya Sumadi.

 

Menanggapi soal isu reshuffle yang dikabarkan adanya nama Marsekal Hadi Tjahjanto masuk kabinet. Politisi Ferdinand menilai bahwa sosok Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto layak sebagai Menkopolhukam menggantikan Mahfud MD, sebab, Hadi diakui Ferdinand memiliki banyak pengalaman sebagai mantan panglima TNI.

 

“Kalau Pak Jokowi serius yang sepantasnya Pak Hadi itu menjadi Menkopolhukam, karena pengalaman sebagai mantan Panglima TNI, “ kata Ferdinand kepad NAWACITAPOST, Rabu (10/11/2021).

 

Selain itu, kata dia, posisi sebagai Menhun juga bisa menjadi alternative lain Hadi Tjahjanto untuk masuk ke kabinet Jokowi. Karena pengalaman dipenerbangan itu patut juga menjadikan Panglima TNI ini sebagai Menhub gantikan Budi Karya.

 

“Bisa saja masuk kabinet menggantikan Budi Karya sebagai Menhub ,” ujarnya.

BACA JUGA : https://nawacitapost.com/nasional/2021/11/06/pengamat-politik-yuyun-pirngadi-figur-pilres-2024-menentukan-pilihan-publik/

Namun demikian, kata mantan politisi Demokrat ini, dia melihat  Hadi sebagai Menkopolhukam pengganti Mahfud MD. Karena saat ini , kinerja Mahfud MD sebagai Menkopolhukam dalam hukum belum terlihat dan kurang.Sehingga posisi Menkopolhukam layka diganti oleh Hadi.

Baca juga :  Peringati Ultah, PSI adakan 6 acara di 6 Kota berbeda

BACA JUGA : https://nawacitapost.com/nasional/2021/11/10/gawat-segera-ada-tersangka-dugaan-korupsi-formula-e-ferdinand-anies-berpotensi-terjerat-kpk/

“Ya kalau Pak Hadi layak jadi Menkopolhukam karena pengalaman di keamanan, hukum, politik sangat baik. Apalagi mantan Panglima TNI, karena saat ini, saya melihat  Mahfud MD tidak terlihat kinerjanya selama menjadi Menkopolhukam, tidak ada prestasi yang terlihat,” ucapnya.