Survei INKINDO Soal Dampak Covid-19 Bagi Perusahaan Konsultan Kontruksi di Indonesia

0
235
Ketua Umum DPN INKINDO, Ir. H. Peter Frans

Jakarta, NAWACITAPOST– Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) menjelaskan dampak bencana global Covid-19 yang melanda dunia sangat mempengaruhi perekonomian di Indonesia, dan berdampak pada perusahaan Konsultan Konstruksi serta Non Kontruksi.

Hal ini disampaikan Ketua Umum DPN INKINDO, Ir. H. Peter Frans

Bencana global Covid-19 yang melanda dunia juga menimpa Indonesia sejak Maret 2020. Dampak yang ditimbulkan akibat pandemi ini berimbas pada perekonomian, termasuk perusahaan Konsultan Konstruksi dan Non-Konstruksi yang ada di seluruh Indonesia,” kata Peter, Minggu (24/10/2021).

BACA JUGA : https://nawacitapost.com/news/2021/09/28/gebyar-akhir-tahun-nawacita-tv-gelar-kompetisi-berhadiah-jutaan-rupiah/

Peter menjelaskan, guna memetakan besarnya dampak Covid-19 yang berimbas kepada para konsultan maka INKINDO berinisiatif untuk melakukan riset sebagai basis data, yang dapat digunakan sebagai referensi bagi pengambilan keputusan.

“Diharapkan hasil analisis survei ini bermanfaat dan memberikan pemahaman komprehensif bagi pemerintah maupun berbagai pihak mengenai tantangan yang dihadapi oleh perusahaan Jasa Konsultan,” ujarnya.

“Semoga potret riil survei ini bisa menghasilkan rekomendasi positif bagi kelangsungan usaha Jasa Konsultan di Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu, kata dia, survei ini dilakukan oleh DPN INKINDO untuk mengetahui kelangsungan bisnis perusahaan Jasa Konsultan dan langkah-langkah perlindungan yang diberikan perusahaan terhadap pekerjanya menghadapi pandemik Covid-19.

Survei ini dilakukan dengan mengumpulkan data melalui kuesioner online yang disebarkan selama kurun waktu satu bulan, mulai dari pertengahan Juni hingga Juli 2020.

“Jumlah responden yang terkumpul sebanyak 1.461 responden dari 34 provinsi yang merupakan anggota INKINDO,” tuturnya.

Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling, dimana teknik ini memberikan peluang yang sama bagi setiap populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Karena populasi homogen atau relatif homogen maka pilihannya adalah simple random sampling.

“Survei ini memberikan deskripsi bagaimana dampak fenomena Covid-19 terhadap perusahaan jasa konsultan dari aspek sumber pendanaan, karyawan, kelangsungan bisnis, dan pendapat mengenai penanganan Covid-19,” tutupnya.

(Kornelius )