LBH HIMNI Laporkan Condrat Sinaga yang Diduga Menghina Suku Nias

0
849
Jakarta,  NAWACITAPOST – Lembaga Bantuan Hukum Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (LBH HIMNI) yang diwakili oleh Wiradarma Harefa melaporkan Condrat Sinaga yang telah melakukan tindakan SARA  atau melecehkan  suku Nias ke polda Metro Jaya pada hari Senin (18/10/2021).
Untuk diketahui,  LBH HIMNI adalah salah satu lembaga didalam organisasi  Dewan Pengurus Pusat Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (DPP HIMNI )
Sementara itu, Kasus tersebut telah dilaporkan berdasarkan laporan Polisi Nomor LP/B/5162/X/2021/SPKT POLDA METRO JAYA pertanggal 18 Oktober 2021.
“Yang dilaporkan adalah, menyebarluaskan informasi yang menimbulkan rasa kebencian, permusuhan individu dan atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas SARA,” kata Wiradarma kepada wartawan,  Senin (18/10/2021).
Atas laporan itu,  terduga terjerat Pasal 28 ayat 2 Jo. Pasal 45A ayat 2 UU  NO. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU RI No. 11 tahun 2008 tentang ITE.
Dan atau Pasal  4 Jo. Pasal 16 UU RI No. 40 Tahun 2008 Tentang Penghapusan Diskriminasi RAS dan ETNIS.
Seperti diketahui sebelumnya, Condrat Sinaga mengatakan “bahwa setiap laki-laki suku Nias yang menikah akan patuh terhadap orang tua sehingga memberikan penghargaan yang besar kepada orang tua nya dengan menyerahkan perawan istrinya,” ucapnya.

 

Pernyataan seperti itu dinilai sebagai pernyataan bohong atau tidak didasari dengan fakta.

Atas pernyataan ini, ormas Suku Nias dalam hal ini HIMNI akan memberikan tindakan secara tegas dengan melaporkan ke pihak yang berwajib.
Dengan kasus seperti ini warga Nias berharap tidak ada lagi pihak yang menghina suku manapun, khususnya suku Nias.

 

Nias memang pulau kecil, namun adat serta budayanya masih sangat kental dan menjadi daya tarik wisatawan baik dalam negeri ataupun luar negeri.Negara Indonesia berasaskan Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu.

 

Masyarakat Nias dan warga HIMNI pada khususnya menahan diri dan tetap tenang biarkan pihak yang berwajib yang memproses sesuai dengan hukum yang berlaku dan akan tetap kita kawal sampai tuntas.

BACA JUGA : https://nawacitapost.com/news/2021/09/28/gebyar-akhir-tahun-nawacita-tv-gelar-kompetisi-berhadiah-jutaan-rupiah/