KPK Harus Bongkar Dibalik Aktor Kasus Suap Mantan Penyidik KPK Stepanus Robbin

0
81
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri

Jakarta, NAWACITAPOST– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta untuk serius membongkar soal aktor dibalik perkara dugaan suap terhadap mantan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Patujju.

Pakar hukum pidana Abdul Fickar Hadjar mengatakan, harus mengusut yang disampaikan Robin di persidangan yang menyebut bahwa ada dugaan dirinya diperintah atasan dalam mengamankan perkara dugaan suap jual beli jabatan di Kota Tanjungbalai.

Abdul Fickar Hadjar menjelaskan bahwa Robin memiliki atasan dalam mengamankan perkara Tanjungbalai, seharusnya Lembaga antirasuah tidak tinggal diam.

 

“Stepanus Robin Patujju bermain sendiri atau memang dia hanya melaksanakan , karena ada atasan yang ikut bermain, kecuali ada cukup bukti kemungkinan adanya orang lain atasan Stepanus Robbin Patujju,” kata dia.

Menurut dia, Abdul Fickar bisa mengumpulkan alat bukti jika memang terdapat aktor dibalik permainan Robin.

Namun, apabila Robin mengarang terdapat atasan dibalik permanainnya, seolah -olah permainan perkara itu diamankan secara resmi.

“Sesuatu yang sengaja dikarang-karang oleh Stepanus Robin Patujju agar dia terlihat seolah-olah mewakili Lembaga, karena direstui oleh atasan. Jika tidak terbukti ada atasan yang terlibat, maka kedudukan Robin semakin berat, karena dia juga telah mencemarkan nama baik Lembaga KPK,”ujar Abdul Fickar.

 

BACA JUGA : https://nawacitapost.com/hukum/2021/09/25/bongkar-penyidik-nakal-ini-harga-urus-perkara-azis-syamsuddin-di-kpk

Namun demikian, Ketua KPK Firli Bahuri membantah pimpinan KPK terlibat dalam kasus dugaan suap penanganan perkara di Kota Tanjungbalai. Mantan penyidik KPk Stepanus Robin Patujju diklaim, bernain sendiri dalam mengamankan perkara Tanjungbalai.

“Tidak ada internal yang terlibat dalam perbuatan Robin termasuk atasannya,” ucap Firli.