KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa Tidak Hadir di Ziarah Taman Makam Pahlawan, Desas Desus Penggantian Panglima TNI Mengarah ke Laksamana Yudo 

0
130
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (ketiga kanan), Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono (kedua  kanan) dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo (kanan), dan Wakasad  Letjen TNI Bakti Agus Fadjari

Jakarta, NAWACITAPOSTSAAT HUT RI ke-76 (17 Agustus 2021) Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa tidak hadir secara virtual. Kemudian, satu hari menjelang HUT TNI ke-76, ziarah ke taman makam pahlawan Kalibata, kehadirannya hanya diwakilkan Wakasad, Letjen TNI Bakti Agus Fadjari.

Baca Juga : Puan Harap Calon Panglima TNI Baru yang Terbaik untuk Lindungi Rakyat

Ketidak hadiran Andika di dua peristiwa sejarah tersebut. Menimbulkan desas-desus di tengah semakin mendekatnya pergantian Panglima TNI. Seperti diketahui 9 November 2021 Marsekal Hadi Tjahjanto memasuki pensiun.

Memang pergantian Panglima TNI pasca Hadi menarik. Karena dari tiga matra yang berpeluang hanya ada dua, jika modelnya giliran, maka matra AL berpeluang untuk hal ini.

Menengok Panglima TNI sebelum Hadi, yaitu Gatot Nurmantyo. Bagaimana ‘superior’ nya seorang Gatot. Momen G30S/PKI meminta Presiden Jokowi harus nonton bareng (Nobar) film tersebut. Demikian juga saat hari pahlawan seakan kesan ‘mendikte’ kental menguat.

Belum hubungan Gatot saat menjabat Panglima TNI sempat timbul perbedaan dengan Kapolri, kala itu dijabat Tito Karnavian, soal gudang senjata standar militer yang kabarnya dipunyai juga oleh Polri.

Andika memang tidak sama dengan Gatot. Namun, jika melihat keakraban Panglima TNI Hadi (matra AU) dan eks Kapolri Idam Azis dan Kapolri Listyo Sigit bersinergi secara positif.

Nampaknya itu sudah bisa menjadi acuan Jokowi menentukan pilhan Panglima TNI pasca Hadi. Yang paling penting TNI dan Polri harus bersinergi.  Itu modal negara menjamin keamanan pada rakyatnya.

Berdasarkan rentetan tersebut di atas, matra AL (tanpa bermaksud mendahului keputusan Presiden Jokowi), dugaanya Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono bakal menggantikan Hadi sebagai Panglima TNI. Yudo, mungkin dipandang bisa bersinergi dengan Polri, selain dari Andika juga bisa melakukan hal serupa.

Yang jelas dan pasti, diantara Andika dan Yudo adalah militer terbaik yang dipunyai Indonesia saat ini, tetapi dari segi pensiun paling cepat di militer adalah Andika, tersisa satu tahun lagi dari sekarang, sedangkan Yudo masih menyisakan waktu dua tahun.