Lodewijk Freidrich Paulus : Eks Danjen Kopasus (kiri), Eks Dankodiklat TNI AD (tengah), Wakil Ketua DPR (kanan). Kolase

Jakarta, NAWACITAPOSTSOAL kepangkatan di militer. Gatot Nurmantyo menyandang Jenderal bintang empat (4) dengan jabatan terakhir Panglima TNI. Sementara Lodewijk Freidrich Paulus hanya berpangkat Jenderal bintang tiga (3) dengan jabatan terakhir Komandan Kodiklat TNI AD.

Baca Juga : Jenderal Agum Gumelar ke Eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo Jangan Buat Kegaduhan 

Namun secara senior, Lodewijk lebih dulu lulus Akmil 1981, sedangkan Gatot 1982. Lodewijk pernah jadi Komandan Kopasus, Gatot tidak pernah.

Setelah pensiun di militer. Lodewijk sukses di politik. Kini sebagai Wakil Ketua DPR merangkap Sekjen Partai Golkar.

Gatot setelah tak jadi panglima, malah boleh dibilang nyungsep alias lagi mencari panggung. Isu PKI dan hari pahlawan selalu dihembuskan olehnya. Musuh Gatot dikalangan purnawirawan militer bukan berkurang malah bertambah.

Mungkin pikirnya dengan cara hembusan tak berkelas alias itu-itu saja. G30S PKI, dan hari pahlawan adalah gorengan isu dengan harapan mendapat simpati. Yang terjadi malah : Cemoohan, cibiran dan kurang cerdas. Sejumlah jenderal purnawirawan menyebut Gatot : Gopoh (membuat kegaduhan), tuduhan keji, dan tak menjadi teladan.

Setelah Ketua Umum Pepabri Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar menasehati Gotot, kemudian Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurahman menyebut tuduhan Gatot keji. Lodewijk sebagai seniornya Gatot menyoroti pernyataan eks Panglima TNI itu yang menuding TNI telah disusupi PKI. Menyusul hilangnya tiga patung dalam diorama peristiwa G30S/PKI di Museum Darma Bhakti Kostrad.

Bukan hilang, tapi dipindahkan oleh  eks Pangkostrad Letjen TNI (Purn) Azmyn Yusri Nasution  yang membangun diorama tiga jenderal itu di Museum Kostrad. Letjen Azmyn merasa berdosa membuat patung jenderal TNI itu. Kemudian ia berinisiatif membongkar patung itu dengan alasan agama yang dianutnya tak membolehkan hal tersebut.

Baca juga :  Tidak Usah Khawatir Dan Bingung Urus Paspor! Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam Sediakan Fasilitas Untuk Lansia Dan Penyandang Disabilitas

Bahkan dengan  tegas Lodewijk menyatakan bahwa TNI memiliki sistem yang kuat mencegah penetrasi ideologi seperti komunis, dan dari sisi rekrutmen sudah ada tes ideologi bagi calon prajurit.

Kalau memang TNI sudah disusupi PKI, Letjen TNI (Purn) Lodewijk minta Gatot berikan bukti, jangan asal ngomong, tegas Wakil Ketua DPR.