Dekatin PDIP, PKS Tinggalkan SBY di Pemilu 2024

0
239
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kiri) dan Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi /istimewa

Jakarta, NAWACITAPOST– Langkah PKS untuk melakukan pertemuan dengan Ketua Umum (Ketum) PDIP, Megawatisoekarnoputri menjadi perhatian publik. Pasalnya saat ini PKS adalah sebagai partai oposisi.

Namun, berbagai pihak melihat bahwa rencana pertemuan PKS dengan Ketua Umum PDIP Megawatisoekarno putri ingin membangun kekuatan politik di tahun 2024.

Dr.Yuyun Pirngadi dari Yp Institute for Fiscal and Monetary Policy, mengatakan, dengan pertemuan PKS dengan PDIP adalah sebuah langkah menuju 2024.

Yudi menilai bahwa PKS melihat peluang dengan PDIP di pemilu 2024 sangat tinggi ketimbang harus berkoalisi dengan Partai Demokrat yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Yudi mengaku, dalam pemilu 2024 PKS harus bekerja keras dan melihat peluang yang lebih besar lagi dengan melakukan pendekatan dengan PDIP, maka peluang tersebut diambil oleh PKS untuk mendapatkan posisi.

Sementara itu, kata Yudi, PKS merasa tidak beruntung jika di pemilu 2024 harus berkoalisi dengan Demokrat. Sebab, saat ini Partai Demokrat semakin tidak memiliki kekuatan di politik setelah adanya konflik internal tersebut.

Meskipun menang dalam berbagai survey, namun peluang Partai Demokrat di pemilu 2024 sangat kecil.

“Susah kalau PKS masih berkoalisi dengan Demokrat di pemilu 2024, maka sekarang PKS memilih menjajakin politik dengan parpol lainnya seperti PDIP,” kata Yudi kepada Nawacitapost, Rabu (22/9/2021).

Sementara itu, Yudi melihat bahwa nasib Demokrat saat ini dibawah kepimpinan AHY tidak memiliki peluang besar di Pemilu 2024 jika SBY masih memaksakan AHY sebagai cawapres di Pemilu 2024.

“Kalau SBY paksa AHY jadi cawapres di Pemilu 2024 itu sangat sulit,” ujarnya.

Selain itu, figur SBY saat ini sudah tidak lagi menjual,sehingga posisi Demokrat di pemilu 2024 sulit menjadi parpol yang lebih dilirik oleh masyarakat.

BACA JUGA : https://nawacitapost.com/nasional/2021/09/21/pdkt-ke-pdip-pks-ingin-temui-megawati-untuk-bangun-kekuatan-di-pilpres-2024