BINA PENDAMPING UNTUK INTERVENSI KAWASAN RAWAN NARKOBA DI KAMPUNG BONCOS

0
162

JAKARTA, NawacitaPost.com Deputi Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional (BNN) melalui Direktorat Pemberdayaan Alternatif menggelar bimbingan teknis bagi pendamping pada kawasan rawan Narkoba Kampung Boncos, yang diselenggarakan di Aula Kelurahan Kota Bambu Selatan, Jakarta Barat, pada Jumat (27/8).

Direktur Pemberdayaan Alternatif Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN, Brigjen Pol Teguh Iman Wahyudi, SH., MM., yang membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa pembinaan yang dilakukan kepada pendamping ini merupakan bentuk nyata pelaksanaan tugas dan fungsi pemberdayaan alternatif kepada masyarakat kawasan rawan Narkoba.

“Kegiatan Bimtek ini merupakan bentuk nyata pelaksanaan tugas dan fungsi pemberdayaan alternatif untuk melakukan pembinaan kepada pendamping yang mempunyai peranan penting dalam menjamin keberlanjutan program dan kegiatan kewirausahaan”, ujar Direktur Pemberdayaan Alternatif.

Program pengembangan kewirausahaan dilakukan BNN agar masyarakat kawasan rawan memiliki kegiatan alternatif yang menghasilkan sehingga lebih produktif tanpa Narkoba dan dapat meningkatkan taraf hidup serta perekonomian masyarakat pada kawasan rawan tersebut.

Sebagai salah satu dari 77 kawasan rawan Narkoba yang berada di Provinsi DKI Jakarta dengan kategori Bahaya, Syakira Umdah, S.E., Sekretaris Lurah Kota Bambu Selatan, menyambut baik rencana kegiatan yang akan dilakukan BNN kepada warga di wilayahnya tersebut. Ia berharap kegiatan pengembangan kewirausahaan dapat berjalan dengan baik dan tidak berhenti pada tahap pelatihannya saja, tetapi berlanjut pada proses pengemasan hingga pemasaran.

“Kami juga berharap ini (pelatihan kewirausahaan) bisa berkelanjutan, artinya tidak hanya sampai pelatihannya saja tetapi proses untuk pengembangan ke masyarakat seperti packing dan marketingnya dapat berlanjut ke tahap-tahap selanjutnya dan hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat”, ujar Sekretaris Lurah.

Melalui sinergitas yang terjalin antara BNN dan Kelurahan Kota Bambu Selatan ini, predikat Kampung Boncos sebagai kawasan rawan Narkoba ditargetkan dapat beralih menjadi kawasan bersih Narkoba (BERSINAR). (FN)

*BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI*