Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin (dok. Kemenag)

Jakarta, NAWACITAPOSTDirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin mengapresiasi peranan ormas Islam dalam menjaga stabilitas sosial kemasyarakatan di Indonesia hingga saat ini. Hal ini disampaikan Fuad, saat menjadi pembicara dalam acara Dialog Ormas Islam dan Lembaga Keagamaan Tingkat Pusat bertempat di Hotel Orchardz, Jakarta Pusat, Kamis (26/08/2021).

“Kontribusi ormas Islam yang terlibat aktif dalam pembangunan SDM dan pemberdayaan ekonomi umat, adalah jawaban mengapa Indonesia merupakan negara dengan tingkat keragaman yang tinggi, namun memiliki stabilitas sosial yang luar biasa,” terang Kamaruddin.

Kamaruddin menyatakan, keragaman yang dimiliki oleh Indonesia dapat menimbulkan potensi konflik, namun peran ormas Islam sangat sentral berkontribusi dalam kehidupan sosial politik kebangsaan.

“Tidak mungkin ada ketenangan apabila tidak tercipta kerukunan, tidak ada kerukunan tanpa adanya dialog yang produktif, tidak ada dialog apabila masing-masing umat beragama tidak mampu memahami secara fondasi dan substansi dari ajaran agamanya,” lanjutnya.

Kamaruddin menegaskan, dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang damai dan toleran tidak mungkin terjadi jika mempunyai pemahaman agama yang ekstrem. Maka dari itu, Kementerian Agama mempunyai program utama yakni moderasi beragama.

“Mari kita saling menghargai dan menghormati, karena Indonesia ini adalah milik kita bersama. Meskipun dalam sisi akidah dan teologis, kita mempunyai keyakinan yang berbeda-beda,” tutupnya.

Baca juga :  Presiden Jokowi: Produk Mebel Indonesia bisa Tembus Pasar Internasional