Jokowi Membuat Sejarah Pertama! Setelah 76 Tahun Merdeka, RSUP Mewah di Indonesia Timur

0
187

Jakarta, NAWACITAPOSTPresiden Joko Widodo meresmikan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Johannes Leimena, Maluku. Presiden berharap RSUP dr Johannes Leimana dapat meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Indonesia bagian timur.

Setelah 75 tahun merdeka, akhirnya masyarakat di kawasan timur Indonesia memiliki Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) di Ambon, ibu kota Provinsi Maluku. RSUP dr Johannes Leimena, adalah sebuah RSUP kelas B yang mulai beroperasi sejak akhir 2019.

Rumah sakit ini merupakan rumah sakit umum pusat ke-34 atau RS unit pelaksana teknis (UPT) vertikal yang dikelola Kementerian Kesehatan.

Pengoperasian RSUP dr. Johannes Leimena sekaligus merupakan rumah sakit rujukan tertinggi dan menjadi RSUP pertama di Indonesia timur, Maluku.

Semua pelayanan dilakukan dengan memanfaatkan ketersediaan peralatan medis yang lengkap pada semua poliklinik yang tersedia.

Adapun anggaran terkait pembangunan RSUP dr. Johannes Leimena menelan biaya sekitar Rp112 miliar.

Masyarakat Maluku khususnya dan kawasan Indonesia timur, pada umumnya, diharapkan dapat memanfaatkan keberadaan RSUP ini. RSUP dr. Johannes Leimena menjadi solusi integrasi layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat di kawasan timur Indonesia.