Jakarta, NAWACITAPOSTKondisi bumi semakin panas dari yang diperkirakan sebelumnya. Pada beberapa waktu lalu menteri keuangan Sri Mulyani sudah mengingatkan untuk Indonesia agar waspada, sebab perubahan iklim bakal menjadi ancaman baru yang sama dasyatnya dengan ancaman virus Covid-19.

Ancaman Sri Mulyani bukan hanya bagi Indonesia saja namun secara keseluruhan dunia yang tak dapat dihindari oleh siapapun.

“Climate change adalah global disaster yang magnitude-nya diperkirakan akan sama seperti pandemi Covid-19,” ujarnya dalam ESG Capital Market Summit, Selasa (27/07/2021).

Baca Juga : Menkeu Nilai Perubahan Iklim Bakal Jadi Ancaman Baru Selain Pandemi Covid-19

Menurut laporan PBB tentang Sains melalui laman Panel on Climate Change (IPCC) pada Senin (09/08/2021) itu berisikan soal peringatan tentang kemungkinan peningkatan pemanasan bumi yang mencapai 1.5 derajat pada satu atau dua dekade kedepan.

Mengenai hal ini, PBB meminta negara-negara yang disebut seperti Indonesia, harus melakukan gerakan antisipasi sesegera mungkin. Jika tidak akan berdampak buruk bagi manusia dan habitat alam.

Peringatan yang dikeluarkan segaligus sebagai alarm bagi imluwan karena aktivitas manusia yang merusak alam. “Pesan kami kepada setiap negara, pemerintah, bisnis, dan sebagian masyarakat sangat sederhana. Dekade berikutnya sangat menentukan, ikuti sains dan rangkul tanggung jawab Anda untuk menjaga tujuan 1,5C tetap berjalan,” kata Sharma lewat pesan yang disampaikan Kedutaan Inggris, Senin (09/08/2021).

 

Baca juga :  Taliban Berkuasa, Cara JK Balas 'Dendam' ke Pemerintahan Jokowi?