Kepala BRIN Sambut Pengukuhan Empat Profesor Riset LIPI

0
156

Jakarta, NAWACITAPOSTKepala BRIN Laksana Tri Handoko hadiri pengukuhan empat orang Profesor Riset Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang dilaksanakan secara daring, Selasa, (27/07). Kepala BRIN menyampaikan bahwa pengukuhan Profesor Riset adalah suatu capaian puncak bagi para pejabat fungsional peneliti, akan tetapi gelar ini tidak memberikan hak tambahan kepada peneliti namun justru memberikan kewajiban baru.

“Kewajiban moral, kewajiban untuk membina, mendidik, dan mengembangkan para junior-junior di bawahnya untuk menjadi periset yang lebih baik di masa mendatang. Harapan besar saya sampaikan kepada keempat Profesor Riset kita ini, untuk dapat memimpin, membina, dan membawa grup risetnya masing-masing agar mampu berkompetisi tidak hanya di lingkungan Indonesia tetapi juga secara global,” jelas Kepala BRIN.

Kepala BRIN menambahkan dengan adanya pembentukan BRIN saat ini diharapkan mampu mengkonsolidasi sumber daya riset dan inovasi yang khususnya terkait SDM ke dalam suatu wadah sehingga lebih mudah untuk berkolaborasi, bekerja sama, utamanya antar lintas disiplin keilmuan guna memberikan kontribusi terbaik dan optimal kepada masyarakat, negara, dan bangsa.

“Dari 4 Profesor Riset dikukuhkan hari ini merupakan bidang-bidang yang sangat strategis dan penting dalam memberikan kontribusi dan menjadi kunci teknologi pada banyak aspek di kehidupan. Artinya memberikan harapan baru kepada publik bahwa Indonesia akan lebih berkontribusi di ranah internasional dan juga memberikan berbagai solusi yang dibutuhkan masyarakat. Kita semua berharap kontribusi ini semakin besar dan pada saatnya kita akan melihat Indonesia yang lebih maju berlandaskan ekonomi berbasis riset inovasi yang kuat,” tambah Handoko.

Baca juga: Kepala BRIN Pimpin Apel Pagi Pertama di Lingkungan BRIN

fesor Riset diberikan kepada peneliti sebagai berikut:
1. Prof. Dr. Ir. Rudi Subagja (Bidang Metalurgi Proses);
2. Prof. Dr. Ir. Sensus Wijonarko, M.Sc. (Bidang Teknologi Instrumentasi);
3. Prof. Dr. Danny Hilman Natawidjaja, M.Sc. (Bidang Ilmu Kebumian);
4. Prof. Dr. Effendi, S.T., M.T. (Bidang Metalurgi dan Material).

Keempat Profesor Riset tersebut, berturut-turut adalah Profesor Riset ke-151, 152, 153, dan 154 di lingkungan LIPI, Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Selamat, semoga dengan dilantiknya para profesor riset hari ini dapat menambah kemajuan ilmu pengetahuan dan memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa, dan umat manusia.

(Kornelius Wau)