Awas Ricuh di Lapas Samarinda, Tri Haryanto : Kamar Lapas Kita Riskan Adanya Konflik

0
156

Jakarta, NAWACITAPOSTKegiatan pemeriksaan yang dilakukan pada pukul 08.00-09.30 wita adalah sebagai bentuk deteksi dini potensi gangguan keamanan dan ketertiban didalam Lapas Kelas IIA Samarinda. Tak seperti razia kebanyakan , razia yang juga rutin dilaksanakan, kali ini para petugas pemasyarakatan tersebut lebih memfokuskan pemeriksaan pada kondisi sarana dan prasarana dan juga kondisi warga binaan.

Kepala Pengamanan Lapas (KPLP), Tri Haryanto menyampaikan bahwa pihaknya melakukan berbagai upaya untuk memastikan kondisi Lapas dalam keadaan yang aman dan tertib termasuk dengan cara melakukan razia dan pemeriksaan sarana dan prasarana serta melakukan komunikasi yang intensif dan humanis kepada seluruh warga binaan.

” Jadi sebagai penanggung jawab keamanan Lapas khususnya Lapas Kelas IIA Samarinda sesuai instruksi Kalapas selaku pimpinan, kami melakukan upaya-upaya agar lapas tetap aman dan kondusif termasuk hari ini (17/07/2021) kami lakukan pemeriksaan keseluruh blok-blok hunian, tujuannya adalah memeriksa kondisi sarana dan prasarana dan juga memantau keadaan warga binaan, ini semua kami lakukan agar apapun kondisi didalam lapas tetap terpantau dan kami secara langsung mengetahui kondisi riil dilapangan.” demikian ujar lumni AKIP tersebut.

Sebagaimana diketahui, bahwa kondisi Lapas saat ini telah mengalami over crowded, tercatat untuk Lapas Kelas IIA Samarinda yang hseharusnya 217 orang kini dihuni hampir 900 orang. Keadaan ini tentu membutuhkan perhatian ekstra dari petugas, sebab sangat rawan terjadi kericuhan walaupun hanya dipicu masalah-masalah kecil.

Karena itu petugas berupaya untuk melakukan deteksi dini potensi gangguan Kamtib salah satunya dengan melakukan pemeriksaan sarana dan prasarana termasuk melakukan komunikasi intensif dengan warga binaan agar masalah-masalah yang mungkin muncul dapat dieliminir terlebbih dahulu.

Terpisah Kalapas Samarinda M. Ilham Agung Setyawan membenarkan pernyataan KPLP, bahwa dengan kondisi lapas yang over kapasitas ini, maka petugas harus memusatkan perhatiannya pada keamanan lapas, untuk harus dilakukan cipta kondisi agar lapas tetap aman dan terkendali. ” Ya, saya selaku kalapas, menginstrusikan kepada semua jajaran agar memperhatikan keamanan lapas, walaupun sejauh ini semua berjalan baik, aman dan tertib, akan tetapi kami tidak boleh lengah, harus tetap meningkatkan kewaspadaan dan mengambil langkah-langkah yang perlu dilakukan termasuk pemeriksaan sarana dan prasarana serta keadaan warga binaan pemasyarakatan.” pungkasnya.

(Kornelius Wau)