Menpora Tengah Siapkan Grand Design National Indonesia

0
315
Sumber foto: https://www.kemenpora.go.id/

Jakarta, NAWACITAPOST – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali tengah menyusun Grand Design National Indonesia (Desain Besar Olahraga Nasional). Keberadaannya diharapkan bisa meningkatkan prestasi atlet di tingkat regional dan dunia.

“Sebagaimana kita tahu, Indonesia belum mempunyai desain khusus untuk pembinaan prestasi olahraga nasional. Padahal usia negeri Indonesia sudah 76 tahun, tetapi belum mempunyai desain besar,” kata Amali, Selasa (29/06).

Amali juga menambahkan, di dalam desain besar olahraga nasional, olimpiade adalah fokus utama pemerintah. Kemudian SEA Games dan Asian Games itu adalah sasaran antara kita.

“Tak hanya itu juga, kami juga diminta menggunakan big data, dan juga menjadikan sport science sebagai unsur utama di dalam pembinaan olahraga nasional,” ujarnya.

Atas dasar itu, Kemenpora segera menyusun desain besar tentang olahraga nasional dengan bekerja sama bersama stakeholders lainnya seperti, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), National Paralympic Committee (NPC), perguruan tinggi, akademisi, serta praktisi bidang olahraga.

Desain besar olahraga nantinya merupakan sumber potensi talenta untuk para atlet-atlet nasional. Di samping itu juga, Kemenpora akan membuat 10 sentra pemusatan latihan di beberapa daerah yang disesuaikan dengan potensi dan yang paling mendasar, yakni potensi talenta ketika masih di sekolah dasar.

Selan itu, dalam desain besar ini Kemenpora menargetkan, Indonesia berada pada posisi 10 besar baik untuk Olimpiade maupun Paralimpiade atau atlet-atlet disabilitas pada 2032.

Hal ini diutarakan Amali alam konferensi pers secara daring terkait Hari Olimpiade bersama Presiden National Olympic Committee (NOC) Indonesia Raja Sapta Oktohari dan anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) Erick Thohir.