Keren ! Motor Mangkrak 2 Tahun Diperbaiki Anak LPKA Ambon

0
148

Jakarta, NAWACITAPOST – Berbekal pelatihan otomotif dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Ambon, Anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Ambon berhasil memperbaiki sebuah kendaraan bermotor. Motor yang mangkrak selama kurang lebih dua tahun itu berfungsi kembali setelah diperbaiki Anak LPKA Ambon, Selasa (29/06/2021).

Berkatnya, motor yang rusak tersebut dilakukan perbaikan pada beberapa komponen seperti busi, karburator, aki, tali gas, starter otomatis, dan beberapa komponen lainnya. Dalam pelaksanaannya, Anak LPKA Ambon didampingi oleh beberapa instruktur.

“Tujuan kami memberikan pelatihan kepada anak agar mereka dapat memiliki kemampuan memperbaiki kerusakan sepeda motor, baik mesin maupun sistem listriknya, dan mampu menganalisa kerusakan pada kendaraan bermotor. Tidak menutup kemungkinan mereka berpeluang membuka usaha yaitu perbengkelan,” terang Abdul Asis Narahaubun selaku salah satu instruktur.

Asis mengaku, Anak yang mengikuti kegiatan ini cukup cekatan dalam bertindak dan cepat menyerap ilmu yang diberikan. Salah satunya inisial BL, yang berkeinginan untuk membantu kakaknya yang mempunyai usaha perbengkelan setelah ia mahir dan bebas.

Sementara itu, Kepala LPKA Ambon, Catherian V. Picauly mengatakan keterampilan otomotif dapat menjadi bekal awal untuk berkarya dalam hal positif saat Anak kembali ke lingkungan masyarakat. Ia berharap, bekal tersebut nantinya bisa dimanfaatkan Anak-anak untuk menyibukkan diri dengan hal positif dan tidak kembali jatuh pada perbuatan yang melanggar hukum.

“Minimal mereka bisa merawat kendaraan pribadi, keluarga, dan lingkungan sekitar. Bahkan mereka bisa mulai membuka bengkel kecil-kecilan,” pungkasnya Catherian.