Tidak Perlu di Persoalkan Soal Keakraban Indonesia dengan China, Luhut: Jangan Marah-marah Terus Sama China

0
370

Jakarta,NAWACITAPOST – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat agar keakraban Indonesia dengan China tidak perlu dipersoalkan.

Luhut menilai teknologi di China sudah mutakhir dalam memproduksi barang, salah satunya dalam hal industri farmasi. Menurutnya, China berperan dalam menyuplainya bagi dunia.

“Kita jangan marah-marah terus sama China. Ternyata dua per tiga obat-obat dunia diproduksi di Cina,” ujarnya saat menghadiri konferensi pers Upaya Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN) Bidang Alat Kesehatan yang digelar secara virtual, Selasa (15/06).

“Kebetulan hubungan kita dengan mereka sangat baik, kita manfaatkan itu untuk teknologi transfer ke kita, mereka investasi ke kita sehingga bahan baku obat obat kita dapat, sehingga kalau ada lockdown dengan beberapa negara seperti India di- lockdown,kita tidak masalah dengan yang namanya Paracetamol yang kita belum ada produksi,” ungkapnya.

Luhut juga menegaskan bahwa,kerja sama semacam itu penting untuk jangka panjang nanti terutama saat menghadapi krisis seperti awal-awal pandemi, yang mana rata-rata negara menerapkan lockdown dan membuat aktifitas ekspor impor terhenti.

Menurut dia, tanpa adanya kemampuan produksi secara mandiri, Indonesia bisa kewalahan.

Dalam konferensi itu, Luhut juga mengemukakan komitmen pemerintah mendorong produksi dan penggunaan alat kesehatan dalam negeri.

“Pemerintah berkomitmen terus mendorong investasi, meningkatkan kapasitas,lebih ketat memantau belanja rumah sakit untuk mewajibkan penggunaan produk dalam negeri,” ucapnya.

(Tiara Islami)