Benahi Struktur BUMN, Erick Thohir Pangkas Jumlah BUMN

0
209

Jakarta, NAWACITAPOST – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menegaskan upayanya untuk membenahi struktur BUMN sebagai rangkaian menuju kesejahteeraan rakyat, salah satunya melalui pemangkasan jumlah BUMN.

Dilansir dari idxchannel.com, Erick mengatakan, pihaknya menerapkan 5 langkah dalam pemangkasan 143 BUMN menjadi 40 BUMN, dari 27 klaster menjadi 12 klaster.

Erick menambahkan, dari jumlah BUMN yang ada itu, ternyata cukup banyak BUMN yang tidak sehat dari sisi perusahaan dan hanya menjadi sapi perah bagi segelintir orang. Pemangkasan BUMN ini dilakukan memlaui lima pilar, salah satunya menggandeng swasta untuk membentuk sebuah ekosistem.

Erick meminta kepada para BUMN di 12 klaster itu agar bisa bersaing secara kompeten baik dengan perusahaan lokal maupun luar negri. Menurutnya, dua klaster terbaik BUMN adalah klaster perbankan dan klaster telekomunikasi.

Erick mengatakan, aset perushaan pelat merah saat ini mencapai Rp9.259 triliun. Dengan asset itu, Erick yakin akan memberi kontribusi besar bagi pembangunan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Dengan begitu, misi Kementerian BUMN untuk menghasilkan nilai ekonomi dan sosial bagi Indonesia bisa terealisasikan.

(Tiara Islami)