Pilpres 2024, Relawan Jokowi Penentu Kemenangan 

0
155
Kanan ke kiri ; Presiden Jokowi bersama Ketua Umum Arus Bawah Jokowi (ABJ - Relawan) Michael Umbas

Jakarta, NAWACITAPOSTWasit pada politik modern, dan dalam konteks Indonesia. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pesertanya Partai Politik (Parpol). Dikaitkan dengan Pilpres, Parpol yang berada di Senayan, sementara pengajuannya disyaratkan dengan Presiden Treshold 25 persen kursi di DPR atau 20 persen jumlah suara pemilih. Itu yang termaktub dalam UU Pemilu.

Banyak Juga : Ganjar Kalahkan Prabowo Dan Anies Sebagai Yang Paling Disukai Publik

SEMENTARA pada tataran lain, tapi terkait dengan pesta demokrasi, yaitu relawan. Memang lembaga yang bisa dikategorikan komunitas, berperan penting dalam pemenangan capres.

Ketika, Jokowi sudah ada tiket dari Parpol. Selain mesin partai yang bekerja. Tak kalah masifnya, gerakan relawan memoles isu, program, gestur, tutur kata, dan aksi lainnnya  ke Capres.

Dua hari kemarin, tepatnya Minggu, 13 Juni 2021. Presiden Jokowi dengan percaya diri yang amat sangat (baca : memang harus) berpesan kepada berbagai para relawan yang tergabung dalam barisan pemenangan Jokowi 2014 dan 2019. Agar relawan tersebut untuk Pilpres 2024, lebih sabar, jangan buru-buru menentukan pilihannya, amati  para capres yang tersebar melalui lembaga survei resmi.

Titah Jokowi tersebut diaminkan  Ketua Umum Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas. Umbas akan tegak lurus, nurut dan ikuti  perintah Jokowi, terkait capres 2024.

Ternyata, peran relawan sangat besar dalam menghantarkan pasangan Capres. Jokowi buktinya. Para relawan ini menguasai peperangan udara (sosial media) dan perang darat (kampanye program dan isu yang dibutuhkan masyarakat).

Dugaannya relawan Jokowi yang masih menggebu-gebu dan bersemangat mendukung Capres. Namun, relawan ini sepertinya bukan mendengar perintah Parpol. Melainkan titah Jokowi yang akan dilaksanakannya dan kemungkinan menang bisa digapai oleh Capres 2024.