Ka Lapas LPP Jakarta Siap Berperan dalam Penyebaran Berita Positif di Lingkup Pemasyarakatan

0
117
Foto : Kegiatan Pembentukan Agen Informasi dan Publikasi Pemasyarakatan 2021 di Grand Hotel Mercure, Jakarta, (18/5).

Jakarta, NAWACITAPOST – Kehumasan memegang peranan penting dalam pelaksanaan program dan penyebarluasan informasi seputar Pemasyarakatan. Pembentukan citra positif, crisis communication plan, proses bisnis kehumasan, strategi komunikasi, publikasi, hubungan media, hingga layanan informasi adalah kemampuan yang harus dikuasai. Sehubungan dengan hal tersebut, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan menyelenggarakan kegiatan Pembentukan Agen Informasi dan Publikasi Pemasyarakatan 2021 di Grand Hotel Mercure, Jakarta, (18/5).

Foto : Kegiatan Pembentukan Agen Informasi dan Publikasi Pemasyarakatan 2021 di Grand Hotel Mercure, Jakarta, (18/5).

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan citra positif pemasyarakatan ini dihadiri oleh seluruh UPT Pemasyarakatan di Indonesia baik secara langsung maupun virtual. Dibuka secara langsung oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga, Ia mengajak seluruh jajaran pemasyarakatan untuk berperan aktif dalam menyebarkan berita positif pemasyarakatan.

Apalagi, Ia menambahkan bahwa Pemasyarakatan memiliki banyak aspek yang bisa dijadikan sebagai berita positif.
“Kita lihat pembinaan-pembinaan di dalam lapas yang sudah banyak berhasil kita lakukan, kita share itu semua ke publik, agar masyarakat tau kinerja kita dalam melakukan pembinaan,” tuturnya pada saat membuka acaran.

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Jakarta sebagai salah satu UPT Pemasyarakatan turut hadir dalam kegiatan tersebut. Diwakili oleh Kepala Lapas, Herlin Candrawati mengikuti diklat dengan seksama. Baginya, kegiatan seperti ini sangat penting dan sayang untuk dilewatkan. Karena menurutnya, saat ini tiap UPT Pemasyarakatan harus mampu mengemas berita positif agar bisa diterima oleh masyarakat.

“Banyak sekali berita negatif di luar sana yang sudah tidak terkendali, dengan adanya pembentukan agen reformasi ini kita bisa mengendalikan berita di luar menjadi berita positif,” tuturnya.

Sebagai wujud peran aktifnya dalam menyebarkan berita positif, Herlin beserta jajarannya telah membentuk Tim Humas yang akan menjembatani antara masyarakat dan instansi agar tercipta keterbukaan informasi yang transparan.

(Lapas Perempuan Kelas IIA Jakarta)