Kembangkan Pelabuhan Modern dan Terintegrasi, Jokowi Bangun New Port di Ambon

0
169
Ambon, NAWACITAPOST-Presiden Joko Widodo (Jokowi)  melakukan kunjungan kerja dengan meninjau Pelabuhan Yos Sudarso di Kota Ambon.
Jokowi menyampaikan dihadapan para pelaku usaha perikanan setempat,  bahwa pemerintah berencana  akan membangun New Port di Ambon yang luasnya kurang lebih 700 hektar.
“Jadi saya khusus datang ke Ambon untuk membangun Ambon News Port yang kurang lebih dalam perencanaan nanti ada 700 hektare yang itu terintegrasi antara pelabuhan logistik dan pelabuhan perikanan serta industri perikanan ada di satu lokasi, ” kata Jokowi,  Kamis (25/3).
Jokowi mengaku Ambon New Port dapat menjadi sebuah percontohan bagi pengembangan pelabuhan modern yang terintegrasi dengan industri perikanannya di daerah-daerah lainnya.
“Dirut Pelindo menyampaikan soal potensi-potensi perikanan. Ada 800 ribu ton sebelah sini, kemudoan utara ada 1,2 juta ton,  kemudian agak diselatannya ada 2,6 juta ton. Saya kira Ambon  New Port ini memang harus, ” ujarnya.
Jokowi menyebutkan bahwa Ambon New Port memiliki konsep pelabuhan terintegrasi yang akan menjadi pusat pertumbuhan industri pengelolahan ikan dan konsolidasi kargo dari wilayah Indonesia Timur.
Ia mengungkapkan, pengembangan pelabuhan baru itu sangat dibutuhkan karena pelabuhan khusus perikanan saat ini sudah mencapai kapasitas maksimum.
“Ya tahun ini akan dimulai, pembangunan nya akan kita harapkan dalam dua tahun akan selesai.  Untuk itu saya minta nanti pelaku-pelaku fisheries industry agar segera mendaftar dan ikut masuk ke dalam lokasi ini sehingga kita memiliki keyakinan bahwa ini bisa jalan, ” ucapnya.
Menurut dia potensi perikanan di Maluku yang sangat besar tapi belum teroptimalkan dengan baik.
Dia memandang bahwa pembangunan sebuah fasilitas yang dibutuhkan para pelaku usaha perikanan setempat dapat memacu produksi perikanan  lebih besar lagi memang diperlukan.