Istana Presiden Baru Di Kaltim : Diselesaikan Presiden Jokowi, Ditempati Pemimpin Berikutnya

0
179
Desain Istana Presiden berada di Ibukota baru, Kaltim

Jakarta, NAWACITAPOST –  Jika pandemi covid -19 tak melanda dunia termasuk Indonesia. Mungkin pembangunan Ibukota baru dan Istana Presiden di Kalimantan Timur (Kaltim) sudah dalam taraf progres pengerjaannya.

Baca Juga : Peresmian Proyek Di Sulsel, Tamparan Atas Ocehan JK

PEMBANGUNAN tersebut langsung terhenti, karena pandemi Covid terjadi dan sampai saat ini belum mereda. Namun, itu tak menyurutkan langkah Jokowi untuk berhenti total dari pelaksanaan pembangunan ibukota baru. Jokowi punya cara tersendiri untuk menyelesaikannya.

Yang dilakukan Jokowi dalam satu tahun lebih ini memberikan bantuan kapada masyarakat terdampak pandemi Covid-19, dan pelaksanaan vaksinasi di seluruh Indonesia. Kabar pun berhembus baik, Covid -19 perlahan mulai melandai atau menurun, dan ada harapan yang lebih baik. Namun, pesan Jokowi tetap sama laksanakan protokol kesehatan secara ketat.

Pesan kakek dari Jan Ethes  itu menyiratkan tentang adanya kabar baik lainnya. Jika tidak ada aral melintang Presiden Jokowi akan meletakan batu pertama sebagai simbol dimulainya pembangunan Istana Presiden, yang direncanakan pada April 2021. Selain pembangunan Istana Presiden, proses pembangunan ibu kota baru negara, saat ini memasuki tahap pembebasan lahan serta pembangunan akses jalan ke ibu kota.

Terkait lainnya Pemprov Kalimantan Timur terus berkomunikasi dengan pemerintah pusat dalam proses pembangunan ibu kota baru negara. Desain berjudul “Nagara Rimba Nusa” karya Urban Plus memenangkan sayembara desain ibu kota baru yang diumumkan Desember 2019 lalu.

Konsep Nagara Rimba Nusa juga terdapat plaza Bhinneka Tunggal Ika dan danau Pancasila serta ada kawasan diplomatik, bisnis, dan komersial, serta permukiman.

Yang jelas dan pasti, Istana Presiden ketika selesai dibangun di Ibukota baru, Kaltim. Jokowi  tidak menempati, mungkin hanya bertamu. Sebab tuan rumah yang tinggal adalah pemimpin pasca Jokowi. Apa pasal? Sebab, Jokowi taat konstitusi terkait jabatan Presiden yang dibatasi UU hanya dua periode atau 10 tahun.

Kabar beredar, pembangunan Ibukota baru dan Istana Presiden di Kaltim, akan rampung pada 2024. Berarti Jokowi mempertegas bahwa pembangunan itu tak boleh mangkrak dan menjadi beban pemimpin berikutnya.