Usulan Presiden Tiga Periode, Cara Amien Rais Rusak Reputasi Jokowi

0
522
Amein Rais (baju batik lengan panjang) bersama Presiden Jokowi (baju putih, masker putih) berte

Jakarta, NAWACITAPOST – Salah satu produk Orde Reformasi adalah pembatasan jabatan Presiden dua periode. Begitu UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, dengan acuan utamanya UUD 1945. Kedua UU itu dihasilkan melalui proses ketuk palu sidang Parlemen Senayan.

Baca Juga : Demokrat Kubu AHY : Kirim Santet, Baku Tikam, Mantan Koruptor Kini Dihuni Pasukan Sakti

JIKA, kemudian ada wacana untuk jabatan Presiden 3 periode. Pintu masuk utamanya adalah lewat DPR. Hal itu bisa dilaksanakan dengan amandemen UU 1945.

Usulan 3 periode jabatan Presiden disampaikan mantan Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Arief Poyuono melalui twiternya bernama @bumnbersatu, Sabtu (13/3/2021). Dengan cara sama amandemen UU 1945, ungkap Arief di twiternya.

Kesempatan 3 periode tersebut, kata Arief  berlaku bagi SBY dan Jokowi. Pasalnya SBY sudah dua kali jabat Presiden dan terhenti karena perintah UU. Jokowi akan mengakhiri jabatannya dua periode,  tiga tahun dari sekarang.

Ternyata bukan hanya Arief, Amien Rais pun berkata sama, tapi dalam dalam balutan bernada sinis. “Pasca KLB Demokrat Sibolangit, usulan Jokowi 3 periode menguat,” Amien berkata itu masih dengan sindiran.

Sekjen DPP PPP yang juga Wakil Ketua MPR, Asrul Sani menyebut dengan nada halus bahwa usulan Amien itu hanya Joke yang bisa diartikan sebagai candaan saja.

Saat SBY masih menjabat Presiden dua periode. Ruhut Sitompol pernah mengusulkan jabatan 3 periode untuk ayah kandung dari AHY. Karena respon dari Parlemen kurang mendukung, SBY pun berkata cukup dua periode.

Jokowi jauh-jauh hari sudah menolak jabatan 3 periode. Mau ada respon atau tidak dari Parlemen Senayan, tetap ditolaknya.

Pernyataan 3 periode yang disampaikan Amien adalah ucapan yang tidak tulus. Pasalnya, itu jebakan  yang ujungnya bisa menjerat Jokowi. Sebab, berbagai cara sudah dilakukan Amien kepada Jokowi. Hasilnya Jokowi terpilih sebagai Gubernur Jakarta dan Presiden dua periode. Makanya cara Amien itu merusak reputasi  Jokowi dengan usulan 3 periode jabatan Presiden.