Dorong Pulihkan Ekonomi Nasional, Wapres Minta Masyarakat Patuh Bayar Pajak dan Lapor SPT

0
157
Wapres Ma'ruf Amin (Kominfo)
Wapres Ma'ruf Amin (Kominfo)

Jakarta, NAWACITAPOST – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengingatkan agar elemen masyarakat untuk taat membayar pajak dan melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak. Sebab hal itu sudah menjadi kewajiban warga negara melakukan dua hal tersebut secara rutin setiap tahunnya.

Ma’ruf menjelaskan, bahwa pajak adalah bentuk gotong royong rakyat yang hasilnya akan dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat. Untuk itu, seluruh masyarakat wajib patuh membayar pajak dan segera melaporkan SPT Tahunan.

“Mari bersama, kita tingkatkan kepatuhan pajak di negara kita,” kata Ma’ruf  saat melaporkan SPT Tahunan Pajak Penghasilan secara daring melalui e-filing di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (10/3).

Wapres juga menegaskan, pentingnya membayar pajak untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.

“Kita ketahui bahwa pajak adalah sumber penerimaan negara yang sangat dibutuhkan untuk mendorong pemulihan ekonomi negara kita,” jelas Ma’ruf.

Di sela-sela itu, Wapres menyampaikan bahwa melalui pajak bisa dilihat negara hadir dalam memberikan perlindungan kepada rakyat.

“Jadi pajak kita untuk membiayai program vaksinasi Covid-19, memberikan subsidi, Dana Desa, dan untuk memberikan rasa aman kepada seluruh rakyat Indonesia,” pungkanya.

Selain itu, Wapres menghimbau agar masyarakat untuk segera melaporkan SPT Tahunan tanpa menunggu jatuh tempo.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat wajib pajak agar segera melaporkan SPT Tahunan tanpa harus menunggu jatuh tempo,” pesannya.

Bahkan, ia menjelaskan bahwa Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak saat ini telah memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mealporkan pajak.

“Saat ini masyarakat sudah tidak perlu datang ke kantor pajak untuk melaporkan pajak kita,” ujarnya.