Calon Kapolri, Kompolnas Usulkan 5 Nama Ke Jokowi, Masyarakat Inginkan Lisytyo Sigit Prabowo

0
859
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo

Jakarta, NAWACITAPOST – Nama Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo disebut Anggota Komisi III DPR RI Jazilul Fawaid dari Fraksi PKB sebagai calon kuat pengganti Jenderal Idham Aziz.  Jazilul menegaskan, “Pak Sigit calon kuat Kapolri,” Senin (11/1/2021).

Baca Juga : Tindakan Kabareskrim Listyo Sangat Mulia dan Terharu

SAAT Sigit jabat Kapolres Surakarta 2011, SBY Presidennya dan Timur Pradopo Kapolrinya, Walikoto Solo kala itu, Jokowi.  Ketika Jokowi Gubernur Jakarta 2012 -2014. Suami dari Juliati Sapta Dewi Magdalena menjadi ajudan Presikden Jokowi. Namanya terus berkibar sebagai Kapolda Banten, Kadivpropam, dan Kabareskrim.

Pendekatan persuasif dan humanis selalu diterapkan. Saat sebagai orang nomor satu di kepolisian Banten, ayah dari Cornelius Krishna Satya Patria Wardhana sempat ditolak  masyarakat Banten, karena perbedaan agama yang dianut Sigit,  namun dengan pendekatan humanis dan rendah hati,  Sigit berhasil mengemban tugas Kapolda Banten selama 2 tahun.

Penangkapan dan penyidikan hukum terhadap  Djoko Tjandra dan Maria Lumowa,  salah satu dari buah tangannya. Tentu perintah dan penugasan dari Kapolri dan Menkopolhukam menjadi salah satu acuannya.

Jika ini kabar benar. Penggantian 3 dari 6 menteri pada 23 Desember 2020, Mensos Sosial Tri Rismaharini (PDIP), Menteri Agama Gus Yaqut (PKB) dan Menteri Pariwista dan Ekonomi Kreatif  Sandiaga Uno (Gerindra). Ketiga Menteri tersebut merupakan adalah pintu masuk Komjen Sigit sebagai calon kuat Kapolri yang ditawarkan Jokowi kepada Partai koalisi pendukung pemerintah. Nampaknya masyarakat juga menginginkan dan mengharapkan nama Listyo Sigit Prabowo (LSP)

Ini 5 nama Komjen Pol yang diajukan kepada Presiden oleh Kompolnas untuk dipilih sebagai calon Kapolri, berdasarkan abjad : 1. Agus Andrianto (Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri),  2. Arief Sulistyanto (Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri), 3. Boy Rafly Amar (Kepala BNPT), 4.Gatot Edy Pramono (Wakapolri), dan 5. Listyo Sigit Prabowo (Kabareskrim).

Kabarnya Besok (Rabu 13 januari  2021) Presiden Jokowi akan menyerahkan nama calon Kapolri pengganti Idham Aziz ke DPR. Apakah nama LSP ? Atau ada nama lain (non LSP)?