Kadiv Pemasyarakatan Kalsel Abdul Karim Ahli Pencak Silat Yang Mampu Menterjemahkan Keamanan dan Ketertiban Lapas 

0
298
Kadiv Pemasyarakatan Kanwil kemenkumHAM Kalsel Abdul Karim Bc, IP, S.Sos

Jakarta, NAWACITAPOST –  Kepala Divisi  Pemasyarakatan Kantor Wilayah KemenkumHAM Kalimantan Selatan adalah seorang atlet pencak silat di era 1989 – 1991. Bahkan di tingkat Pekan Olahraga  Mahasiswa Nasional mewakili Akademi Ilmu Pemasyarakatan (Sekarang Poltekip) berada diperingkat satu dalam olah raga itu.

Baca Juga : Kakanwil Kalsel Agus Toyib Terus Sigap Tangani Covid 19

Dalam dirinya mengalir ilmu beladiri Pencak Silat, maka tugasnyadi tak lepas dari Rumah Tahanan (Rutan)  dan Lembaga Pemsyarakatan (Lapas)  mulai dari pulau Sumatera, Papua, Jawa, dan kini sebagai Kadiv  Pemasyarakatan Kalsel.

Ternyata Abdul Karim selain ahli dalam bela diri juga piawai memberi materi tentang tugas intelijen pemasyarakatan. Seperti yang dilakukan saat pagelaran yang dilaksanakan divisi pemasyarakatan Kanwil Kalsel dalam tajuk Konsultasi Teknis Pemasyarakatan bagi Pejabat/Petugas Kesatuan Pengamanan Lapas, Rutan dan LPKA di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Kalimantan Selatan Tahun Anggaran 2020, di Hotel Tree Park Banjarmasin, akhir Juli 2020.

Instruktur pencak silat di pendidikan Komando Pasukan Khusus TNI itu memang mampu menterjemahkan segala bentuk keamanan dan tindakan preventif maupun yang telah terjadi di dalam dan luar lapas dan rutan.

Ketenangan, ketegasan dan kebijaksanaan selalu melakat dalam dirinya. Bukan hanya dalam keluarga, melainkan menjalar dalam tugas dan pekerjaannya. Sehingga permasalahan sekompleks apapun bisa dipecahkan Kadiv Pemasyarakatan Kanwil KemenkumHam Kalsel Abul Karin.