Cawapres 2019 Sandiaga Uno Gabung di Kabinet Jokowi, 5 Menteri lainnya Strong

0
305
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno

Jakarta, NAWACITAPOST – Setelah publik menebak dua nama psosisi menteri yang bakal diganti. Menteri Sosial dan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), karena terjerat korupsi. Penggantian atau resuffle  ditambah 4 jadi totalnya 6 menteri.

Baca Juga : Sandiaga Uno, Gerindra Sudah di Barisan Jokowi

MULAI dari Tri Rismahirini biasa disapa Risma sebagai Menteri Sosial  yang pertama diumumkan Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Risma adalah Walikota Surabaya dua periode. Gebrakannya terhadapa warga Surabaya tak perlu diragukan.

Budi Gunadi Sadikin adalah wakilnya Menteri BUMN Erick Thohir. Bidangnya bukan kesehatan.  Menyatakan bahwa dalam menjalankan tugasnya, ia menegaskan aspek kesehatan ada di depan ekonomi, karena jika kesehatan membaik, maka ekonomi akan mengikuti. Cita-citanya 16 vaksinasi perlu dilakukan dalam sebulan.

Sandiaga Uno,  pernah menjadi wakilnya Anies dan calon wakilnya Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Terakhir sebagai juru kampanye Gibran di Solo dan Boby di Medan. Hobi blusukan dan menggiatkan UMKM merupakan kegemarannya  yang selalu dilakukan sampai kini. Cawapres 2019 ini akhirnya bergabung juga dengan kabinet Jokowi – Maruf Amin.

Jokowi butuh  kekuatan dari kelompok Islam yang majemuk dan mengayomi semua kelompok agama. Kiprahnya sebagai Ketua Umum GP Anshor menjadikan Yayat bias disapa jarang disebut sebagai kader PKB. Padahal Yayat sebagai anggota DPR yang juga Wakil Ketua Komisi II  dari PKB. Berani dan tegas menjadi  daya tarik Jokowi menggaetnya. Tepat sebagai Menteri Agama.

Sementara  M Lutfi  diumukan Jokowi sebagai Menteri Perdagangan.  Era SBY pernah menjadi Menteri Perdaganga, Dubes Jepang, dan era Jokowi sebagai Dubes Amerika Serikat. Kedekatannya dengan Jokowi saat Pilpres 2019.  Lutfi tak ragu mendukung Jokowi sebagai Presiden dua periode.

Yang terakhir Sakti Wahyu Trenggono diumumkan Jokwi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Atas rekomendasi  Prabowo Subianto.

Hanya dua  orang yang  pintunya melalui Partai, Gerindra dan PDIP, Mensos dan Menteri KKP. Sedangkan 4 Menteri lainnya merupakan pilihan Jokowi  yang disetujui Wapres Ma’ruf Amin.

Rencananya besok (Rabu, 23 Desember 2020) 6 orang yang menempati posisi menteri akan dilantik.