Menkeu Sri Mulyani : Cuman 9 persen Masyarakat Indonesia yang Mampu Kuliah

0
282
Menkeu Sri Mulyani : Cuman 9 persen Masyarakat Indonesia yang Mampu Kuliah

Jakarta, NAWACITAPOST.com- Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan bahwa, hanya 9 persen masyarakat Indonesia yang mampu dan beruntung meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi. Menurut dia hanya 24,3 juta orang yang mampu mengecap bangku kuliah dari total penduduk Indonesia yang tercatat sebanyak 270 juta.

Sri mengatakan pada Rabu (14/10/2020). Mahasiswa lulusan Politeknik Keuangan Negara (PKN) Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) masuk kelompok 9 persen masyarakat Indonesia yang beruntung itu. Dengan keberuntungan itu, lulusan PKN STAN dituntut untuk membangun dan memperbaiki negara. “Kalian harus paham bahwa kalian bagian kecil masyarakat Indonesia yang beruntung untuk mengecap perguruan tinggi. Sebagai masyarakat yang beruntung, muncul tanggung besar,”lnjutnya.

Baca Juga : Mayjen Purn Burhan Dahlan : Sudah Ada Kelompok Persatuan LGBT TNI dan Polri

Negara telah membiayai 100 persen biaya kuliah mahasiswa PKN STAN. Untuk itu, tanggung jawab yang dipikul pun semakin besar. “Bagaimana kalian dituntut dengan ilmu dan kesempatan untuk bisa mengubah dan membangun negara ini jadi maju dan adil, sejahtera, memiliki martabat. Jangan kalian tuntut orang lain, saatnya sekarang kalian akan dituntut,” ucap Sri Mulyani.

Dia pun meminta seluruh lulusan PKN STAN untuk terus mengasah keterampilan, baik ilmu hingga karakter pribadi masing-masing. Karakter ini terkait dengan kemampuan komunikasi, keterampilan di organisasi, dan keterampilan memimpin. Kepemimpinan itu penting, yang penting itu adalah memimpin diri kalian sendiri.