Erick Thohir : Kerugian Pertamina Masih Rendah Dibanding Minyak Exxon dan Eni

0
210
Erick Thohir : Kerugian Pertamina Masih Rendah Dibanding Minyak Exxon dan Eni

Jakarta, NAWACITAPOST.com- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ikut bersuara terkait kerugian PT Pertamina (Persero) pada Semester I 2020 ini.

Menurut Erick, kerugian yang dialami Pertamina masih rendah dibandingkan perusahaan minyak lainnya seperti Exxon dan Eni yang kerugiannya lebih besar.Untuk diketahui, pada semester I Pertamina menelan pil pahit dengan merugi Rp 11,13 triliun.

“Pertamina ruginya keliatan jika dibandingkan Exxon Eni, jauh kita. Perusahaan-perusahaan lain jauh lebih rugi,” ujar Erick seusai rapat kerja di Komisi VI DPR yang ditulis, Jumat (28/8/2020).

Baca Juga : Pemprov Kalbar segera Tindaklanjuti Keputusan Kementan terkait Tanaman Kratom

Erick menuturkan, kerugian yang dialami Pertamina disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya, karena fluktuasi kurs rupiah, sehingga ada selisih kurs yang membuat biaya operasional membengkak.

“Kedua, waktu itu Pertamina beli minyak yang sebelumnya. Berarti 3 bulan kemudian dijual dengan harga subsidi ini langsung kena. Penurunan daya beli kan terjadi,” ucap dia.

Namun Erick melihat, jajaran direksi dan komisaris langsung melakukan inisiatif untuk menangangi kerugian. Sehingga ia berharap kinerja Pertamina bisa membaik pada akhir tahun ini.

“Kita tunggu aja. Jadi tolong bandingkan dengan perusahaan lain yang kebetulan juga (rugi),” kata dia.