Doni Monardo : 90 Persen Masyarakat Sudah Paham Pentingnya Menggunakan Masker

NAWACITAPOST.com- Kepala Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan 90 persen masyarakat telah paham pentingnya penggunaan masker di tengah pandemi Corona. Namun, tingkat kepatuhannya di bawah 70 persen.

“Kita kumpulkan dari beberapa wilayah 90% masyarakat kita itu sudah paham memakai masker tetapi kepatuhannya masih di bawah 70%, bahkan ada daerah yang kepatuhannya di bawah 50%,” ujar Doni dalam siaran langsung di Instagram Kemenko Perekonomian RI, Minggu (30/8/2020).

Doni menyebut aturan sanksi bagi yang tidak patuh bermasker harus diikuti kesadaran warga. Menurutnya, butuh kesadaran dari warga untuk mengaplikasikan secara lansgung pemakaian masker dalam aktivitas sehari-hari. “Oleh karena itu kami mengharapkan ada sebuah kesadaran bukan hanya kesadaran individu tetapi juga kesadaran kolektif,” kata Doni.

Baca Juga : Dorong UMKM, Luhut : Kementerian dan Lembaga Wajib Membeli Produk Lokal

Dia melaporkan ada sejumlah kabupaten/kota yang secara masif membagikan masker secara cuma-cuma. Meski tak menyebut nama daerah, ia mengatakan ada kabupaten/kota yang mana jumlah masker yang telah dibagikan 2 kali lipat dibandingkan dengan jumlah penduduk.

“Banyak ada kabupaten/kota dengan penduduk 1 juta tetapi telah membagikan dua kali lebih banyak dari jumlah penduduk dan kalau kita hitung secara nasional jumlah masker yang dibagikan kepada masyarakat itu sudah cukup terutama kepada daerah-daerah yang potensi penularannya cukup tinggi,” imbuh Doni.

Letnan Jenderal TNI ini mengharapkan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat. Menurutnya, kesadaraan bermasker akan menekan penyebaran virus Corona di Indonesia.

Baca juga :  Presiden Jokowi : Pers Harus Mampu Beradaptasi Dengan Cepat dan Inovatif