Juliari P. Batubara : Bansos Sembako Komoditas Daerah Bisa Gerakin Perekonomian

0
477
Juliari P. Batubara : Bansos Sembako Komoditas Daerah Bisa Gerakin Perekonomian

NAWACITAPOST.com-Mensos Juliari Peter Batubara, M.B.A. menyebut bansos sembako yang berasal dari komoditas daerah bisa menggerakan perekonomian. Salah satunya di Kulon Progo sebab pangan seperti beras, ikan telur, sayur dan buah tersedia. Hal itu dia ketahui saat kunjungan kerja ke Kecamatan Wates dan Kecamatan Panjatan, Kulon Progo, Yogyakarta. Bahkan hasil pangan lokal tersebut langsung dibagikan ke masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Di Kulon Progo ini semua komoditi seperti beras, telur, buah, ikan dan sayuran merupakan hasil dari masyarakat Kulon Progo,” kata Juliari.

Baca Juga : Mahfud Menjamin Berkas Perkara Jiwasraya dan Djoko Tjandra Aman

Tentunya bahan pangan pokok yang tersedia itu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi masyarakat, sehingga di tengah pandemi Covid-19, masyarakat tetap hidup sehat dan beraktivitas dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Beras mengandung karbohidrat baik dan menjadi makanan pokok orang Indonesia. Sementara ikan dan telur kaya protein yang bisa menjaga kesehatan tubuh. Kemudian sayur dan buah-buahan tinggi serat yang identik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Mensos Juliari menilai, karena kekayaan pangan lokal yang melimpah, maka masyarakat tak perlu kekurangan bahan makanan. Apalagi pangan lokal tersebut mengandung nilai gizi baik, yang dapat dikonsumsi sehari-hari.

Berbeda dengan gelombang pertama penyaluran Bansos berjumlah Rp600.000 yang sudah berjalan 3 bulan, sekarang berjumlah Rp300.000 per bulan. Untuk teknis penyaluran bantuan baik sembako dan bansos tunai dijalankan sesuai peraturan Protokol Kesehatan Covid 19 dengan menjalankan program adaptasi kebiasaan baru atau AKB.