Istana Mengundang 17.845 Masyarakat untuk Hadiri Upacara 17 Agustus Secara Virtual

0
250
Istana Mengundang 17.845 Masyarakat untuk Hadiri Upacara 17 Agustus Secara Virtual

Jakarta, NAWACITAPOST.com- Jumlah kasus positif virus Covid-19 yang terkonfirmasi di Indonesia masih bertambah setiap harinya. Tak ada yang tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Imbas karena Covid-19 atau corona, maka untuk tahun ini upacara peringatan kemerdekaan ke-75 RI digelar secara terbatas di Istana.

Pihak Istana Kepresidenan menyiapkan 17.845 undangan bagi masyarakat untuk menghadiri upacara secara virtual.

“Tahun lalu kami undang masyarakat hadir secara fisik. Tahun ini kami siapkan undangan 17.845 undangan. Undangan bisa diakses seluruh warga yang ingin menyaksikan langsung dari media elektronik,” ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam konferensi pers peringatan HUT Ke-75 RI yang disiarkan saluran YouTube Setpres, Kamis (6/8/2020).

Undangan disiapkan terbatas. Siapa cepat, dia yang dapat. Selain mengikuti upacara pengibaran bendera, masyarakat diundang menyaksikan upacara penurunan bendera pada 17 Agustus 2020 sore.

Baca Juga : PLN Teluk Betung, Laporkan Aksi Pencurian Kabel Gardu

“Siapa cepat, tentu dia dapat. Ini terbatas dari seluruh video conference dari seluruh negeri ini di mana pun berada kami siapkan. Mereka bisa melihat bisa secara langsung mengikuti ini, jadi merasa juga hadir di Istana,” ujar Heru.

Selain untuk masyarakat, Istana menyiapkan 3.800 undangan bagi pejabat untuk mengikuti upacara secara virtual. Istana akan memberikan kata sandi untuk diakses tamu undangan.

“Bagi pejabat-pejabat VVIP, kami undang khusus. Ada slot kurang-lebih 3.800 sekian. Kami undang menteri, gubernur, wali kota, bupati, dan itu semuanya mengikuti video conference,” kata Heru.

Seperti diketahui, hanya 6 pejabat yang menghadiri upacara secara fisik di Istana pada 17 Agustus. Keenam pejabat tersebut adalah Presiden Jokowi (inspektur upacara), Wapres Ma’ruf Amin, Ketua MPR Bambang Soesatyo (pembaca teks proklamasi), Menag Fachrul Razi (pembaca doa), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI dilangsungkan di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8) pukul 10.00 WIB. Upacara penurunan sang Merah-Putih berlangsung pukul 17.00 WIB.

Adapun komposisi petugas upacara di Istana Merdeka terdiri atas:

– Komandan upacara: 1 orang
– Paskibraka: 3 orang, berasal dari cadangan Paskibraka tahun 2019

– Pasukan upacara: 20 orang dari TNI/Polri
– Korps musik: 24 orang
– MC: 2 orang
– Pasukan pelaksana tembakan kehormatan saat detik-detik proklamasi kemerdekaan: 17 orang dari TNI