DPR : Kemendikbud Benar-benar Mensejahterakan Guru Honorer

0
130
DPR : Kemendikbud Benar-benar Mensejahterakan Guru Honorer

Jakarta, NAWACITAPOST – Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Sofyan Tan mengapreasiasi sikap pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yang terus membenahi kesejahteraan guru honorer. Menurut Sofyan, selama ini, kesejahteraan guru honorer masih menjadi persoalan.

“Meski belum dapat dikatakan sebagai jalan keluar terbaik dan benar-benar mensejahterakan guru honorer, cuma dengan kebebasan besaran penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk gaji guru honorer itu cukup bagus,” ujar Sofyan, dalam keterangannya, Sabtu (27/6/2020).

Sofyan mengatakan, pada masa pandemi Covid-19 di Indonesia, guru honorer tentunya memerlukan tambahan penghasilan.

Baca Juga : Kementerian Agama : Anggaran Sebesar Rp 33.000.000.000 Salah Ketik ?

“Situasi sekarang berdampak kepada kesulitan ekonomi. Bila dana BOS boleh digunakan untuk membayar gaji guru honorer tanpa batas persentasi, maka ada kemungkinan penghasilan didapatnya jadi lebih besar,” ucapnya.

Ditambah lagi, kebijakan penyaluran dana BOS yang saat ini juga sudah dapat diterima sekolah swasta. Hal itu diharapkan dapat mengoptimalkan tambahan penghasilan gaji guru honorer. Apalagi jika murid di sekolahnya hanya sedikit.