Diharapkan Tiga Jenis Alat Uji Sampel Covid-19 yang Baru, Bisa Penuhi Target Pemerintah

1
206
Diharapkan Tiga Jenis Alat Uji Sampel Covid-19 yang Baru, Bisa Penuhi Target Pemerintah

Nawacitapost- Tiga jenis alat uji sampel covid-19 yang baru saja tiba di Indonesia diharapkan mampu memenuhi target pemerintah dalam melakukan pengujian. Hal ini menjadi penting untuk memutus mata rantai persebaran virus corona.

“Pengadaan kit RT-PCR ini diharapkan untuk mencapai target pengujian sampel swab sebanyak 10.000 per hari,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (26/4/2020).

Ia mengungkapkan, seperangkat peralatan yang digunakan untuk menguji sampel tersebut berupa kit Viral RNA Isolation, kit Multiplex Real-time PCR, dan viral transport medium.

Baca Juga : Ridwan Kamil meminta Kepolisian Perketat Pintu Masuk di Wilayah Perbatasan

Menurut Agus, reagen RT-PCR digunakan untuk mengetahui adanya virus SARS-CoV-2 pada sampel yang diambil dari pasien. Peralatan ketiga yakni Viral Transport Medium sebagai media pemindahan sampel setelah dilakukan swab.

“Swab merupakan sampel lendir atau dahak yang diambil dari hidung atau tenggorokan,” terang Agus.

Sekadar diketahui, Pemerintah Republik Korea juga telah mendonasikan alat uji RT-PCR yang mampu memeriksa 32.200 kasus dalam penanganan covid-19.

Data uji PCR per 25 April 2020 mencatat jumlah spesimen yang diperiksa sebanyak 67.828. Jumlah tersebut merupakan spesimen yang diperiksa terhitung sejak 1 April 2020.

Dari jumlah itu, satu kasus dapat dilakukan lebih dari satu kali pengambilan sampel dengan lebih dari satu jenis spesimen.

 

 

Comments are closed.