Tiap Hari Penularan Virus Corona atau Covid-19 Terus Meningkat

5
212
Tiap Hari Penularan Virus Corona atau Covid-19 Terus Meningkat

Nawacitapost-  Tren penularan virus corona atau Covid-19 semakin meningkat setiap harinya. Berdasarkan hasil identifikasi pemerintah, penularan virus ini terbanyak berasal dari orang tanpa gejala (OTG).

OTG merupakan orang yang sudah terinfeksi Covid-19, namun tidak menunjukkan gejala apapun atau gejalanya ringan. Mereka cenderung memiliki mobilitas tinggi sehingga menularkan orang lain.

“Dari data yang ada, penularan ini terbanyak bukan dari orang yang sakit dan dirawat di rumah sakit atau orang yang telah masuk dalam daerah isolasi mandiri atau isolasi parsial,” ucap Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo via telekonferensi, Senin (13/4/2020).

“Tetapi terjadi dari kelompok yang kita kategorikan ODP sangat ringan yaitu OTG,” imbuhnya.

Baca Juga : Cegah COVID 19, Pemkot Blitar Sediakan Rumah Singgah Untuk Pemudik

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini menjelaskan, kelompok lain yang sangat rentan tertular Covid-19 adalah lansia dan orang yang sudah memiliki penyakit penyerta seperti hipertensi, jantung, diabetes, kanker, tumor, asma dan penyakit lainnya.

“Mohon kiranya ini menjadi atensi kita semua agar keompok rentan jangan didekati dulu oleh keolompok muda yang memiliki potensi Covid-19 karena mereka tidak menyadari bahwa menreka telah terpapar,” tutupnya.

 

Comments are closed.