Presiden Jokowi Ingatkan Menteri Agar Program Mendesak Mulai Dieksekusi

0
212

Jakarta, Nawacitapost – Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk bersiaga dalam menjaga ketersediaan bahan-bahan pokok di tengah pandemi Covid-19. Sebelumnya, Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) telah mengeluarkan peringatan adanya potensi kelangkaan pangan dunia sebagai dampak panjang dari pandemi tersebut.

“Sejumlah langkah harus diambil dan dipersiapkan sejak dini untuk memastikan ketahanan pangan di daerah-daerah selama pandemi,” kata Presiden saat rapat terbatas melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/4) yang dilansir di laman Presiden.

Presiden Jokowi pun meminta kepada Menteri Dalam Negeri agar mengingatkan Gubernur, Bupati, dan Walikota untuk menjaga ketersediaan bahan-bahan pokok.

“Serta membuat perkiraan-perkiraan ke depan sehingga kita bisa memastikan tidak terjadi kelangkaan bahan pokok dan harga yang masih terjangkau,” kata Presiden.

Presiden Jokowi pun mengingatkan agar program-program mendesak tersebut harus mulai dieksekusi sesegera mungkin.

“Saya minta Menteri Sosial, Menteri Keuangan juga, minggu ini semuanya harus bisa jalan. Ini sudah sangat mendesak, baik yang berkaitan dengan Kartu Prakerja, PKH (Program Keluarga Harapan), bantuan sosial langsung, Kartu Sembako, maupun pembagian sembako di Jabodetabek. Semuanya harus jalan minggu ini,” kata Presiden.

Lanjut Presiden Jokowi, “Saya kemarin turun ke bawah. Saya melihat bahwa kebutuhan itu sudah ditunggu oleh masyarakat. Jangan nanti di bawah melihat bahwa kita ini hanya omong saja tetapi barangnya tidak sampai ke rakyat,” kata Presiden.