Industri Tekstil Produksi 17 juta APD Per Bulan, Indonesia Bakal Aman

0
864

Jakarta, Nawacitapost – Kebutuhan APD untuk Indonesia bakal terpenuhi, pasalnya Industri Tekstil yang tergabung dalam Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) memproduksi 17 juta alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis dalam menangani kasus virus corona (Covid-19).

Sekretaris Jenderal API Rizal Tanzil Rakhman menjelaskan, dengan kapasitas produksi tersebut pihaknya sejauh ini mampu memenuhi kebutuhan yang ada.

“Mampu kita. Kita sudah hitung kita mampu. (Produksi) yang tercatat di kita saja bisa 17 juta per bulan,” kata dia saat dihubungi detikcom, Jumat (3/4).

Dia juga memastikan saat ini tidak ada kendala dalam pemenuhan bahan baku baik impor maupun dari dalam negeri. Dari sisi perizinan juga tidak ada hambatan.

“Pemenuhan bahan baku sih sejauh ini nggak terlalu ada kendala ya, impor masih bisa, kemudian di dalam negeri juga ada,” sebutnya.

Namun pihaknya belum mendapatkan data dari pemerintah mengenai jumlah kebutuhan APD di dalam negeri.

“Kalau kebutuhannya kita belum punya ya. Maksudnya kita belum punya informasi langsung dari pemerintah. Kita sudah siapkan informasi dari asosiasi, kita mampunya sekian,” tambahnya. detik finance