WNI yang Terdampar di Uzbekistan, Indonesia Memastikan Kepulangannya

0
260
foto. dok. Humas Kemlu

Jakarta, Nawacitapost – Berbagai negara memberlakukan kebijakan-kebijakan pembatasan masuk ke negaranya untuk menghambat penyebaran Virus Corona/Covid-19, termasuk Uzbekistan. Uzbekistan menutup sementara perbatasan dan pembatalan penerbangan keluar dan masuk wilayahnya mulai tanggal 16 Maret 2020.

Kebijakan ini berdambak bagi 133 WNI yang pada saat itu berada di Uzbekistan. Indonesia melalui perwakilan-perwakilannya selalu berupaya untuk memberikan pelindungan bagi para WNI yang berada di luar negeri khususnya di tengah-tengah pandemi Covid-19.

KBRI Tashkent melakukan koordinasi dengan berbagai pihak termasuk Uzbekistan Airways, Kementerian Luar Negeri Uzbekistan, Deputy Prime Minister Uzbekistan untuk memastikan kepulangan para WNI pada tanggal 22 Maret 2020. Selama proses pemulangan, KBRI Tashkent pastikan melakukan pendampingan dan pastikan para WNI dalam keadaan sehat.

Para WNI tersebut terdiri dari 109 rombongan mahasiswa dan 24 WNI lainnya. Mereka dapat tiba kembali dengan lancar di Indonesia pada tanggal 23 Maret 2020.

Lebih lanjut sumber berita yang diperoleh dari KBRI Tashkent, yang dilansir Portal Kementerian Luar Negeri RI, pada Kamis (26/3). Seluruh Perwakilan RI di dunia akan terus memantau dan mengikuti perkembangan Covid-19 serta kondisi para WNI yang menetap di wilayah negara akreditasinya.