UN Bukan Berdampak ke Siswa Tapi Pemetaan Secara Nasional Merubah Kebijakan

0
54
foto. dok. Galamedianews.com

Jakarta, Nawacitapost  – Melalui video conference (vidcon) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menjelaskan bahwa Ujian Nasional (UN) bukan berdampak kepada siswanya sebenarnya secara Undang-undang UN adalah evaluasi pemetaan secara nasional.

”Jadinya bagi yang sudah melakukan kami apresiasi tapi itu tidak akan digunakan sebagai tes seleksi dan memang sudah tidak, dan tidak akan digunakan untuk kelulusan ya seperti yang sudah ditetapkan sesuai undang-undang,” ujar beberapa hari lalu seperti yang dilansir Metroone.co.id, Selasa (24/3).

Mengikuti Undang-Undang Sisdiknas, Mendikbud menyampaikan evaluasi pada siswa itu harus di guru dan kelulusannya ada pada sekolah. Sehingga Kemendikbud bisa memberikan beberapa opsi atau bimbingan tentang bagaimana ujian sekolah itu bisa terjadi.

”Berarti untuk tolak ukur pemetaan memang tahun ini karena bencana krisis Covid-19, pemetaan secara nasional memang terhambat tapi ini memberikan kita lebih banyak waktu untuk preparasi dan menyempurnakan yang 2021, yaitu assessment kompetensi yang sedang dikembangkan pada saat ini,” ujar Nadiem.

Jadi, menurut Mendikbud, itu memang sudah standar dan pemetaan nasional sudah berubah dari kebijakan.