Kemenag Kembangkan Morabind untuk Layanan E-Book Hasil Riset PTKI

1
291
dok. saat seminar di Uhamka

Jakarta, Nawacitapost – Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam Kemenag mengembangkan aplikasi baru, Morabind atau Ministry of Religious Affairs Book Indexing. Aplikasi ini dihadirkan untuk mendorong penerbitan hasil-hasil riset yang dilakukan oleh PTKI dalam wujud buku elektronik (e-book) yang diterbitkan oleh university press (penerbit universitas) di masing-masing PTKI (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam), baik negeri maupun swasta.

E-book yang diterbitkan dan diinput sehingga menjadi indeks buku (book indexing). Aplikasi ini dapat diakses melalui https://morabind.kemenag.go.id/.

Direktur Diktis Arskal Salim mengatakan, pengembangan aplikasi ini sudah selesai dan sekarang sudah masuk tahap sosialisasi. Proses sosialisasi dilakukan secara online kepada para wakil rektor/wakil ketua 1 PTKI Negeri, Sekretaris Kopertais, Ketua LP2M, dan Kepala Pusat Penelitian PTKIN/S.

“Meski saat ini tengah terjadi wabah covid-19, proses kegiatan kantor, seperti sosialisasi ini, tetap dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi yang memungkinkan, dengan tetap tunduk pada protokol pencegahan dan penanggulangan wabah covid-19 yang ada,” terang Arskal di Jakarta, Senin (23/03).

Menurut Arskal, aplikasi Morabind ini lahir atas kerja bersama Diktis dengan beberapa dosen IAIN Tulungagung, Jawa Timur. Dia berharap aplikasi ini dapat digunakan oleh seluruh PTKI di Indonesia.

“Saya mendorong kepada pimpinan PTKI untuk mengaktifkan dan memaksimalkan university press di lingkungan masing-masing. Dan, hasil-hasil riset yang dilakukan oleh para dosen hendaknya dapat diterbitkan dan dikoordinasikan oleh university press dengan memanfaatkan aplikasi ini,” harapnya.

 

Comments are closed.