Ketua DPR RI Lantik Pengganti Yasonna Laoly

3
3216
Ketua DPR RI Lantik Pengganti Yasonna Laoly

Jakarta, NAWACITA- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melantik anggota pengganti Yasonna Laoly, Juliari Batubara, dan Johnny G Plate. Ketiga orang ini mundur sebagai anggota DPR karena dipilih Presiden Jokowi menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Ketiga orang yang menjadi anggota dewan dalam Pergantian Antar Waktu ini adalah Hairmadi Lubis dari PDIP daerah pemilihan Sumut I yang menggantikan Yassona H. Laoly. Yasonna mengundurkan diri karena diangkat menjadi Menteri Hukum dan HAM.

Selanjutnya adalah Tuti N Rusdiono dari PDIP daerah Jawa Tengah I menggantikan Juliari Batubara yang me jadi Menteri Sosial. Terakhir adalah Sutrisno dari Partai NasDem daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur (NTT) I menggantikan Jhonny G. Plate yang menjadi Menteri Komunikasi dan Informasi.

Wakil Ketua DPR, Aziz Syamsuddin yang bertindak sebagai pimpinan sidang menyampaikan ketiga anggota DPR itu dilantik melalui mekanisme PAW. Saat pelantikan, pembacaan sumpah dipimpin oleh Ketua DPR Puan Maharani.

Baca Juga : Edar Narkoba Jenis Shabu, NM Alias Mami ditangkap Sat Resnarkoba Polres Siak

“Sebelum memangku jabatan anggota Dewan Perwakilan Rakyat saudara-saudara wajib bersumpah berjanji menurut agama masing-masing. Apakah saudara saudara bersedia disumpah?,” tanya Puan kepada Anggota dalam Rapat Paripurna ke-11 di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (27/02/2020).

Puan mengingatkan bahwa sumpah janji yang akan diucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia, tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila, dan undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945.

Bunyi sumpah jabatan yang mereka bacakan adalah sebagai berikut:

“Bahwa saya akan mematuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, saya ulang, akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi seseorang dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan NKRI,”.Anggota PAW membacakan sumpah jabatan.

“Sumpah janji ini adalah terhadap Tuhan Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan. zaya harap saudara-saudara mengikuti lafal sumpah yang akan saya Pandu,” kata Puan.

 

3 KOMENTAR

  1. I am really impressed with your writing skills and also with the layout on your blog. Is this a paid theme or did you customize it yourself? Either way keep up the nice quality writing, it is rare to see a nice blog like this one these days..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here