Jokowi : Tidak Akan Memulangkan dan Mencekal Ratusan WNI eks ISIS

1
42
Jokowi : Tidak Akan Memulangkan dan Mencekal Ratusan WNI eks ISIS

Jakarta, NAWACITA- Warga negara Indonesia (WNI) mantan ISIS yang terlantar di Timur Tengah bakal dicekal oleh pemerintah sehingga tak bisa pulang ke Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri yang menghendaki hal tersebut. Ia mengaku telah meminta pihak terkait untuk mendata ratusan WNI eks ISIS untuk keperluan pencekalan. Dia mengutarakan itu lewat akun Twitter @jokowi, Rabu (12/2).

“Saya telah memerintahkan agar 689 orang itu diidentifikasi satu per satu. Datanya dimasukkan ke imigrasi untuk proses cekal,” imbuhnya.

Jokowi mengatakan bahwa keputusan pemerintah yang tidak akan memulangkan dan mencekal ratusan WNI eks ISIS guna menjaga keamanan. Dia mengklaim lebih ingin memprioritaskan keamanan masyarakat yang lebih besar di Indonesia.

“Pemerintah bertanggung jawab terhadap 260 juta penduduk negeri ini. Karena itu, pemerintah tidak berencana untuk memulangkan para anggota ISIS eks WNI,” tuturnya.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut ratusan WNI yang terlantar di Timur Tengah khususnya Suriah didominasi oleh perempuan dan anak-anak.

Baca Juga : PKS Ingatkan DPR Terkait Pembentukan Pansus Jiwasraya

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here