Nadiem : 2020 Periksa Gedung Sekolah yang Rentan Roboh

1
68
Nadiem : 2020 Periksa Gedung Sekolah yang Rentan Roboh

Jakarta, NAWACITA- Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan mulai tahun 2020, pihaknya akan melakukan pemeriksaan keamanan bangunan sekolah. Hal itu dilakukan untuk mendata gedung sekolah yang rentan roboh.

“Mengenai keamanan, iya salah satu hal yang bikin saya takut sekarang ini, belum mengetahui sekolah yang rentan roboh,” kata Nadiem saat berbincang dengan wartawan, di Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019).

Nadiem mengatakan akan lebih fokus terhadap pemeriksaan daripada pembangunan gedung-gedung sekolah. Dia enggan peristiwa seperti di Pasuruan kembali menimpa sekolah-sekolah di Indonesia.

Baca Juga : Pasukan Komando Filipina Terus Buru kelompok Abu Sayyaf 

“Harapan kita di 2020 ini melakukan pemeriksaan. Itu dulu. Jangan masalah pembangunan-pembangunan. Kita harus cek dulu mana yang kondisinya rentan seperti di Pasuruan,” ucap Nadiem.

Seperti diketahui, masih banyak gedung sekolah yang roboh pada tahun 2019, misalnya di Pasuruan. Atap bangunan SDN Gentong di Pasuruan ambruk hingga menyebabkan guru dan siswi meninggal serta sebelas siswa lainnya mengalami luka-luka.

Selain di Pasuruan, gedung sekolah ambruk juga terjadi di sejumlah wilayah lainnya. Misalnya di Jember Jawa Timur hingga Sragen Jawa Tengah.

Comments are closed.