Jokowi : 100 Hektare Lahan Ibu kota baru dijadikan Lokasi Kebun Bibit

1
317
Jokowi : 100 Hektare Lahan Ibu kota baru dijadikan Lokasi Kebun Bibit

NAWACITA- Presiden Jokowi telah menegaskan sertidaknya ada 100 hektare lahan di ibu kota baru dijadikan sebagai lokasi kebun bibit dengan jutaan jenis tanaman.

Karena itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya langsung meninjau lokasi persemaian permanen, di Bukit Merdeka, Samboja, Kalimantan Timur, Selasa 17 Desember 2019, saat mendapingi Jokowi meninjau lokasi ibu kota baru.

Agar dapat memenuhi penghujauan di lokasi ibu kota baru, Kementerian LHK juga akan membangun persemaian modern seluas 120 hektare di Mentawir, yang meliputi pembangunan sarana & prasarana, seperti germination rooting mother plant house, laboratorium kultur jaringan, aclimatization area, shaded area, open area, pengolahan media tanam, serta reservoar.

Baca Juga : Langgar Sanksi Washington, Kehakiman AS Dakwa Seorang WNI

Selain menjadi pusat pembibitan dan kebun benih, di lokasi persemaian modern nantinya juga akan dibuat arboretum atau taman hutan, dengan koleksi tanaman endemik Indonesia. Serta akan berfungsi juga sebagai taman rekreasi dan sarana olahraga.

“Refleksi persemaian modern ini sangat penting, karena menunjukkan kepada dunia, bahwa Indonesia dalam pemindahan ibu kota negara ini sangat serius dalam pemulihan lingkungan,”, ucap Menteri Siti Nurbaya yang diunggah akun Twitter resmi Kementerian LHK, Rabu (18/12/2019)

Siti Nurbaya menjelaskan, dalam membangun infrastruktur, harus tetap memperhatikan lingkungan sekitar. Di mana tetap tidak mengganggu habitat satwa liar yang ada.

 

Comments are closed.