Anggota Brimob Tewas Dianiaya Massa di Yahukimo Papua

1
85

Jayapura,NAWACITA-Anggota Brimob Polda Riau yang di-BKO-kan ke Polda Papua meninggal dunia setelah dianiaya massa di Kota Dekai Kabupaten Yahukimo, Rabu (18/12/2019) siang.

Korban yakni Brigpol Hendra Saut Sibarani dianiaya sekelompok warga saat sedang melewati pemukiman Jalur 1, tepatnya di depan toko Cahaya Kabupaten Yahukimo sekitar pukul 12.30 WIT.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal menyebut, penganiayaan korban ditengarai atas peristiwa sebelumnya.

“Kasus piket penjagaan di Mapolres Yahukimo sedang menyelesaikan masalah kesalahpahaman antara Camat Distrik Lolat dengan masyarakat lolat (pak guru). Saat upaya berjalan, salah satu masyarakat buang air kecil di samping penjagaan Mapolres Yahukimo,” kata Kamal, Rabu (18/12/2019).

Ia melanjutkan, seketika itu datang salah satu anggota penjagaan untuk menegur. “Namun, malah tidak diterima baik,” ucap Kamal.

Warga yang ditegur malah memaki-maki anggota tersebut dan terjadilah cekcok mulut antarkeduanya.

“Salah satu warga memanggil masyarakat lainnya yang ada di sekitar penjagaan dan yang dipinggir jalan langsung menyerang penjagaan Mapolres Yahukimo. Massa brutal dan memukul Kepala SPKT, Bripka Toniwi Pareme, dan melempari anggota lain dengan batu,” ujarnya.

Anggota yang berada di Mapolres Yahukimo langsung menuju penjagaan SPKT untuk melerai keributan itu. Polisi kemudian menyuruh massa membubarkan diri.

“Setelah kejadian tersebut anggota berusaha mencari pelaku yang telah memukul dan melempari anggota. Namun, saat itu anggota Polres Yahukimo yang melakukan pencarian mendapat serangan dari masyarakat yang berada di seputaran Pasar Lama. Seketika itu anggota langsung mengeluarkan tembakan peringatan ke arah udara,” ucap Kamal.

Masyarakat yang tidak terima dengan kejadian tersebut langsung melakukan tindakan kekerasan di Jalan Jalur 1 pemukiman warga dan membakar dua kendaraan warga yang sedang lewat di jalan seputaran Kompleks Ruko Blok B, termasuk anggota Brimob BKO.

“Jadi korban yang hendak ke Pos diadang dan dikeroyok oleh warga. Korban dilarikan ke RSUD Yahukimo untuk menjalani perawatan. Namun pukul 14.20 WIT, korban dikabarkan meninggal dunia,” ucapnya.

“Saat ini korban masih di rumah sakit dan aparat lakukan patroli untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Sementara jenazah korban Brigpol Hendra Saut Sibarani rencananya diterbangkan ke Jayapura untuk selanjutnya dibawa ke kampung halaman korban di Riau.

 

Comments are closed.