Jokowi : Penunjukan Dewas KPK tinggal Pengumuman

Jakarta, NAWACITA- Presiden Jokowi memastikan penunjukan lima orang anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) sudah final.

Meski demikian, Kepala Negara belum mau mengumumkan siapa kelima orang yang akan mengawasi kinerja lembaga antirasuah.

“Sudah (final), tapi belum (diumumkan),” kata Jokowi usai memberikan pengarahan dalam rapat koordinasi nasional Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dan Silaturahmi Nasional Bank Wakaf Mikro (BWM) Tahun 2019 di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (10/12/2019).

SebelumnyaJokowi menerangkan bahwa penunjukkan Dewas KPK masih pada tahap proses penyaringan di tim internal Setneg. Ia pun memastikan, hingga saat ini belum ada proses finalisasi lima nama sebagai Dewas KPK.

Baca Juga : Presiden Jokowi Minta Dirut Pertamina Turunkan Impor Migas

“Ya nanti dilihat figur-figurnya. Kita kan ini masih dalam proses penyaringan oleh tim internal di Setneg, jadi belum ada proses finalisasi,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin 2 Desember 2019.

Kepala Negara mengungkapkan, selama ini banyak masyarakat yang telah memberikan masukan kepada pemerintah soal Dewas lembaga antirasuah. Dia memastikan pemerintah akan menunjuk orang-orang yang mempunyai rekam jejak yang baik dalam mengawasi KPK nantinya.

“Yang jelas kita ingin memilih yang tentu saja memiliki track record yg baik, integritas yang baik,” tutur dia.

Jokowi menginginkan agar Dewas KPK diisi orang-orang yang berpengalaman di bidang hukum, audit pemeriksaan keuangan, hingga orang-orang yang berkompeten dalam mengelola keuangan.

 

Baca juga :  Tentara Yang Melanggar Dipecat!

Comments are closed.