Presiden Jokowi Imbau Para Pelajar Cegah Perilaku Korupsi

0
103
Jokowi : Jika kehendak Masyarakat, Koruptor Bisa dihukum Mati

Jakarta, NAWACITA- Presiden Jokowi mengimbau para pelajar sejak dini mencegah perilaku korupsi. Sebab, perilaku rasuah bisa menghancurkan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Anak-anak sejak dini harus mengetahui ini. Karena korupsilah yang banyak menghancurkan kehidupan negara kita, kehidupan rakyat kita,” kata Jokowi di SMKN 57, Taman Margasatwa, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019).

Kepala Negara turut menyaksikan pentas seni bertajuk ‘#PrestasiTanpaKorupsi’ yang dilakukan oleh sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju di sekolah tersebut. Ia pun meminta para siswa untuk tidak mencontoh prilaku dalam cerita tersebut.

Baca Juga : Menteri BUMN ke Plt Dirut Garuda : Jaga Operasional Perusahaan

“Tadikan uang kas yang dipakai untuk pensi tapi dipakai buat beli bakso. Sekecil apapun enggak boleh, sekecil apapun (korupsi) untuk beli permen pun enggak boleh,” paparnya.

Jokowi meminta budaya korupsi sekecil apapun tidak boleh dilakukan pelajar. Kata dia, korupsi yang besar biasanya terjadi lantaran sudah kebiasaan melakukan tindakan-tindakan koruptif dalam hal-hal yang kecil.

“Kalau yang kecil tidak diperhatikan nanti larinya ke yang besar. Enggak boleh menggunakan (korupsi) waktu pembelajaran juga enggak boleh. Karena dari situlah bibit korupsi akan muncul,” kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengajak para guru agar siswa dapat membiasakan untuk tidak melakukan korupsi. (Bapak/ibu guru) diingatkan, diberitahukan hal-hal yang seperti itu,” pungkasnya.