Johnny G Plate : Strategi Perlindungan Data Pribadi

11
166
Johnny G Plate : Strategi Perlindungan Data Pribadi

Jakarta, NAWACITA- Menkominfo Johnny G Plate memaparkan strategi perlindungan data pribadi. Komitmen tersebut diucapkan Johnny di depan forum dunia.

Johnny menyampaikan bahwa Indonesia menempuh pendekatan dengan merangkul berbagai pemangku kepentingan (multistakeholder) dalam strategi melindungi data semua warga negara.Adapun pendekatan tersebut melibatkan sektor kementerian, kepolisian, perusahaan teknologi dan telekomunikasi, serta masyarakat sipil.

Baca Juga : Pemprov DKI Lakukan Pembenahan Trotoar Jadi lebar

Johnny mengatakan, setidaknya ada dua praktik yang dilakukannya. Pertama, pemerintah akan segera menyelesaikan Undang-undang Perlindungan Data Pribadi yang saat ini dibahas di parlemen.

“Undang-undang data yang baru ini tidak hanya akan mengakui privasi data sebagai hak dasar setiap warga negara manapun juga akan menjamin perlindungan data konsumen,” kata Johnny.

Kedua, Kominfo juga mengandalkan Siberkreasi yang merupakan gerakan nasional yang melibatkan berbagai unsur pemerintah, seniman, komunitas, hingga masyarakat. Gerakan ini berperan untuk melawan hoax hingga cyberbullying.

“Gerakan yang diberi nama Siberkreasi ini adalah gerakan akar rumput yang multistakeholder, terdiri dari kalangan bisnis, komunitas, lembaga pemerintah, dan akademisi. Mereka terlibat dan memberdayakan masyarakat dalam perlindungan data, literasi digital, pengembangan kurikulum, dan tata kelola ruang cyber,” tuturnya.

Dengan pendekatan multistakholder ini menjadi cara pemerintah bertindak melindungi data pribadi warga. Sementara itu, masyarakat sipil pun harus mendidik dirinya sendiri tentang hak privasi data. Selain itu, sektor publik dan swasta dapat mengumpulkan data tetapi harus melakukannya sesuai dengan koridor hukum.

“Kita harus mengikuti prinsip-prinsip tersebut jika ingin memastikan bahwa perlindungan data akan ditegakkan di atas hadirnya inovasi dan teknologi baru. Tahap awal Artificial Intelligence, big data, dan internet of things sudah menunjukkan bahwa inovasi-inovasi tersebut di masa depan akan merevolusi kehidupan sehari-hari yang kita kenal selama ini,” kata Menkominfo menjelaskan.

 

Comments are closed.