Morehe diduga Desa Fiktif yang Pernah Selenggarakan Pemilu

2
147
Morehe diduga Desa Fiktif yang Pernah Selenggarakan Pemilu

NAWACITA- Desa Morehe, Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara yang diduga desa fiktif tercatat pernah menyelenggarakan pemilu, baik Pilkada serentak 2018 maupun Pilpres dan Pileg 2019. Di desa ini, tercatat pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih suara terbanyak dalam Pilpres 2019.

Desa Morehe merupakan satu dari tiga desa yang diduga fiktif di Konawe. Dua desa lainnya adalah Desa Uepai, Kecamatan Uepai dan Desa Ulu Meraka, Kecamatan Lambuya.

Salah seorang pegawai Kecamatan Labuya membenarkan soal digelarnya Pemilu 2019 di Desa Morehe.

“Di Desa Morehe pernah digelar pemilihan. Pemilu kemarin dan Pilkada 2018,” kata pegawai Kecamatan Lambuya, Sambo (51), pekan lalu.

Dari situs resmi KPU RI hanya Desa Morehe yang pernah menggelar pemilu. Sedangkan Desa Uepai, Kecamatan Uepai dan Desa Ulumeraka, Kecamatan Lambuya tidak menggelar pemilihan.

Kecuali, Kelurahan Uepai di Kecamatan Uepai dan Desa Ulumeraka di Kecamatan Lambuya yang diketahui menggelar pemilu karena memang kelurahan dan desa itu benar-benar ada.

Ketua KPU Konawe Muhammad Azwar membenarkan diselenggarakannya proses pemilu di Desa Morehe.

Azwar menyebut, saat penyelenggaraan pemilu, di sana ditempatkan 7 kelompok pemilihan pemungutan suara (KPPS), termasuk pemilih warga setempat.

“Kalau nda salah pemilihnya saat pemilu 196 DPT-nya, 108 laki laki dan 88 perempuan,” kata Azwar.

Baca Juga : NasDem Usung Khofifah dan Ridwan Kamil di Pilpres 2024

Sementara data yang terpampang di situs resmi KPU RI, pada Pilpres 2019, pasangan Prabowo-Sandi menang di TPS Desa Morehe, Kecamatan Uepai dengan perolehan 164 suara mengungguli pasangan Joko Widodo-Maruf Amin yang hanya memperoleh 14 suara.

Sedangkan pada Pilkada Konawe 2018, ada empat pasangan yang bertarung. Adalah Muliati Saiman-Mansur (calon perseorangan), Litanto-Murni Tombili, Irawan Laliasa-Adi Jaya Putra dan Kery Syaiful Konggoasa-Gusli Topan Sabara.

Di Desa Morehe yang diduga fiktif total pemilih pada Pilkada 2018 sebanyak 194 pemilih terdiri dari 108 laki-laki dan 86 perempuan.

 

 

Comments are closed.