Kalbar Siap Ambil Peran Daerah Penyangga Ibu Kota Negara
Kalbar Siap Ambil Peran Daerah Penyangga Ibu Kota Negara

Jakarta, NAWACITA – Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyatakan Kalbar siap menjadi daerah penyangga ketika ibu kota negara sudah memulai aktivitas di Kalimantan Timur.

“Kalbar akan mengambil peran sebagai daerah penunjang, seperti pintu masuk ekspor dan kawasan industri, ya seperti Jawa Barat-nya Jakarta lah,” kata dia di Wisma Antara, Jakarta, Senin. Saat ini Jakarta sendiri sebagai ibu kota negara juga berperan seperti pintu ekspor komoditas, namun ketika pindah ke Kalimantan Timur, ibu kota negara tidak perlu direpotkan dengan tugas-tugas seperti itu.

Kalimantan Barat sebagai daerah penyangga kata dia bisa melayani ekspor karena memiliki Pelabuhan Kijing yang bertaraf internasional, selain itu Kalbar juga cocok menjadi kawasan industri.

Baca juga: Dekatkan Diri Ke Masyarakat, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi Gelar Festival “Imigration On Stage”

Kapal sebesar apapun bisa bersandar di situ, kita mau ekspor kemana pun bisa, nggak perlu lewat Jakarta, apalagi kalau kita buka kawasan industri di situ, itu menarik karena dekat dengan ibu kota negara,” ucap Sutarmidji.

Selain itu, Kalimantan Barat juga memiliki lima pintu masuk ke negara tetangga, Malaysia, dan saat ini juga sedang mengupayakan pembangunan PLTN untuk elektrifikasi.
Semua hal tersebut tentunya menjadi nilai positif sebagai daerah yang akan menunjang aktivitas ibu kota negara.

Namun sebelum jadi penyangga ibu kota negara, setiap provinsi di Pulau Kalimantan kata dia perlu diperbaiki tata kelolanya, khususnya soal luas wilayah. Menjadi provinsi dengan luas wilayah yang ideal, sehingga tidak menghambat ibu kota negara nantinya,” ujar Sutarmidji.

Baca juga :  Kemenkumham RI, Resmi Buka Formasi CPNS sebanyak 4598 di Seluruh Wilayah Indonesia